Prodi Pendidikan Ekonomi Bahas Evaluasi Program PPL PPG

evaluasi PPL PPG 1

Bandung, UPI

Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB UPI melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Program PPL PPG,  Selasa – Rabu, 29 – 30 Oktober 2013, di Auditorium FPEB. Acara dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Dr. Ikaputera Waspada, MM., dengan maksud untuk mengevaluasi pelaksanaan program PPL PPG Pendidikan Ekonomi yang hampir menuju tahap akhir. Evaluasi PPL PPG ini dihadiri oleh seluruh dosen PPG Pendidikan Ekonomi, mahasiswa peserta PPG, Guru Pamong dan Guru Ekonomi di sekolah mitra PPL PPG.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan, dilanjutkan dengan evaluasi pelaksanaan Program PPL PPG dan evaluasi kemajuan Penelitian Tindakan Kelas. Sesuai dengan kegiatan Program PPG, pada semester dua ini memang mahasiswa diterjunkan ke sekolah untuk mempraktikkan ilmu yang diperolehnya selama semester satu. Selain mempraktikkan teori yang sudah didapat, mahasiswa juga dilatih untuk melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Lesson Study. Evaluasi pelaksanaan program PPL PPG ini dipandu langsung oleh Ketua Program PPG Pendidikan Ekonomi, Prof. Dadang Dahlan. Sementara untuk evaluasi kemajuan PTK dipandu oleh Prof. Disman dan Prof. Yayat Achdiat.

Proses evaluasi pelaksanaan PPL PPG dilaksanakan dengan membuka forum diskusi antara mahasiswa, guru pamong, dan dosen, dengan dipandu beberapa pertanyaan yang sudah dipersiapkan oleh Prof. Dadang. Tujuan evaluasi ini, untuk mengukur  keberhasilan mahasiswa PPG dalam melaksanaan praktik mengajar di sekolah, terutama terkait tujuan khusus dilaksanakannya Program PPL PPG ini. Selain itu, dibahas juga mengenai kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan PPL. Dari hasil diskusi, secara umum pelaksanaan PPL PPG sudah berjalan baik  dan lancar. Hanya ada tujuan Program PPL yang belum sepenuhnya tercapai, dan harus diusahakan dicapai sebelum waktu PPL ini berakhir, yang diperkirakan pada bulan Desember 2013.

evaluasi PPL PPG 3Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa. Sama halnya ketika evaluasi pelaksanaan PPL PPG, evaluasi PTK ini juga dibuka dengan diskusi permasalahan yang dihadapi. Ditambah, penguatan materi PTK oleh Prof. Yayat dan Prof. Disman. Kegiatan hari pertama ini diakhiri dengan Tanya jawab seputar PTK dan penutupan oleh Prof. Dadang. Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada hari berikutnya.

Pada hari kedua, dilaksanakan kegiatan evaluasi penampilan mahasiswa PPG selama PPL di sekolah, penayangan contoh proses pembelajaran berbasis scientifik untuk menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah, serta penyamaan persepsi dosen, guru, dan mahasiswa terkait format Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RRP) mata pelajaran Ekonomi Kelas X yang untuk kurikulum 2013 sesuai Permendikbud Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013

Seperti hari sebelumnya, kegiatan hari kedua diawali dengan pembukaan. Kemudian, dilanjutkan dengan acara evaluasi penampilan mahasiswa PPG. Berhubung mahasiswa PPG tidak ada yang mempunyai video selama melaksanakan praktik pembelajaran di sekolah, maka kegiatan diterusakan dengan menonton tayangan video pembelajaran berbasis kurikulum 2013.

Secara khusus, Program Studi Pendidikan Ekonomi telah mempersiapkan video proses pembelajaran yang sudah berdasarkan pada pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Kegiatan ini dipandu oleh Bu Neti, Bu Neneng, dan Prof. Eeng Ahman. Dari hasil tayangan, didiskusikan tentang kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran tersebut. Dari tayangan ini diharapkan kepada mahasiswa PPG maupun guru ekonomi yang mengampu kelas X agar melaksanakan pembelajaran berbasis scientifik, karena sudah melaksanakan Kurikulum 2013.

evaluasi PPL PPG 5Pasca itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan Permendikbu Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013, terutama tentang pedoman penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khususnya kelas X, yang sudah mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini. Acara yang dipandu oleh Bu Neti ini, bertujuan agar semua guru-guru ekonomi mempunyai pandangan ataupun persepsi yang sama terkait penyusunan RPP Kurikulum 2013. Selain itu, ada juga tanya jawab seputar Kurikulum 2013 tentang kesulitan atau kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Secara keseluruhan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diakhiri dengan penutup yang disampaikan kembali oleh Kaprodi Pendidikan Ekonomi. Pesan menarik yang disampaikan Ikaputera kepada peserta adalah guru dan mahasiswa harus gencar dalam meningkatkan kemampuannya dalam hal tulis menulis, khususnya menulis tentang penelitian tindakan kelas. Setelah penutupan, kegiatan diakhiri dengan penyelesaian administrasi dan pembagian sertifikat kepada guru-guru yang hadir. (Prayogo Setiawan, S.Pd/Mahasiswa PPG Pasca SM-3T Pendidikan Ekonomi UPI)

~ dilihat : 378 kali ~