Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata 2011 Peduli Anak Jalanan di Taman Harapan

1

Bandung, UPI

Pariwisata merupakan salah satu satu faktor dalam mengembangkan Kota Bandung. Kebersihan merupakan salah satu faktor yang menghalangi keberhasilan pariwisata di Bandung. Banyaknya orang yang membuang sampah plastik sembarangan, yang semakin lama dibiarkan akan menumpuk dan berdampak besar. Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa, tidak ada salahnya untuk membantu kebersihan kota bandung yang berdampak pada citra Bandung sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya.

Pekerjaan ‘kecil’ seperti memungut sampah kecil ternyata berdampak sangat besar bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar karena awal yang baik akan menjadi sebuah kebiasaan baik juga. Membantu dengan melakukan sebagian hal kecil seperti memungut sampah kecil akan berdampak besar.2

Area wisata di Bandung cukup banyak. Baik berupa kuliner ataupun fashion semua bisa menjadi sebuah atraksi wisata. Di Bandung baik Kuliner ataupun Fahion menjadi salah satu atraksi wisata yang cukup digemari oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Kebersihan di area wisata merupakan salah satu masalah yang cukup sulit dipecahkan. Kurangnya kesadaran akan kebersihan bagi setiap pengunjung, namun tak hanya di area wisata saja bahkan di beberapa tempat umum, kebersihan merupakan masalah yang harus dipecahkan.

Tanggal 28 Juli 2013, 8 orang mahasiswa asal UPI jurusan MPP (Manajemen Pemasaran Pariwisata), yang peduli akan kebersihan di area wisata. Pada hari itu mereka berbagi  sedikit pengetahuan kepada  anak-anak jalanan di Taman Harapan Bandung, berbagi pengetahuan mengenai seperti apa destinasi wisata di Bandung dan seperti apa kebersihan. Anak jalanan setiap harinya hidup mencari nafkah di Jalanan. Rasa kepedulian kami untuk memberikan pengetahuan kepada mereka, membuktikan bahwa masih ada sebagian orang yang peduli akan keberadaan mereka. Selain memberikan pengetahuan kepada anak-anak, kami pun memberikan bingkisan berupa alat tulis untuk mereka gunakan, sebagai penyemangat anak-anak tersebut untul lebih rajin lagi belajar. (Damar Wicaksana/Nuni Nuril Firdho/Resik Lestari/Riki Nugraha/Siti Nurhasanah/Sony Megananda/Vicky Lusiana/Yessi Junida Sinaga)