Probumsil UPI Siap Menjadi Protokol Peringatan KAA ke-60

1

Bandung, UPI

Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia mulai melakukan pelatihan sebagai anggota yang terpilih sebagai Tim Protokol The 60th Asian African Conference (Rangkaian Konferensi Asia Afrika ke-60), Ahad (5/4/2015) di Ruang Teleconference University Center UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Probumsil UPI melakukan beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi pemahaman tugas dan fungsi, ketahanan fisik dan mental, kemampuan berkomunikasi, serta etika dan penampilan untuk menentukan anggota yang menjadi Tim Protokol Konferensi Asia Afrika ke-60. Seleksi Tim Protokol KAA ini diselenggarakan mulai 22-29 Maret 2015. Anggota yang lulus tahap seleksi sebanyak 17 anggota terdiri atas 15 Dewan Pengurus dan 2 anggota Purna Protokol.

Peserta pelatihan mendapatkan materi dari tenaga ahli utama staf kepresidenan, ajudan salah satu perusahaan BUMN dan dewan pakar Dr. Ratih Hurriyati, M.Si. (Ketua Program Studi Magister Manajemen/Dewan Pakar Bidang International Relations Probumsil UPI).

Dengan tema ”Manajemen Keprotokolan dalam Aspek Hubungan Internasional”, Dr. Ratih Hurriyati, M.Si. menyampaikan seluk-beluk keprotokolan mulai dari definisi, paradigma keprotokolan, landasan kerja protokol, sampai ruang lingkup tugas dan fungsi protokol.

Selain itu, Dr. Ratih Hurriyati, M.Si. pun menyampaikan pengetahuan mengenai Konferensi Asia-Afrika, mulai dari sejarah terselenggaranya KAA sampai rangkaian Konferensi Asia Afrika ke-60 yang diselenggarakan tahun ini.

Materi yang disampaikan Dewan Pakar Bidang International Relations Probumsil menjadi bekal yang sangat penting bagi anggota Probumsil UPI yang terpilih menjadi Tim Protokol rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas anggota Probumsil sebagai protokol profesional dalam upaya menjaga kepercayaan yang diberikan Kementerian Luar Negeri untuk bergabung dengan Protokol Kementerian Sekretariat Negara, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Protokol Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Protokol Pemerintah Kota Bandung. (Ades Kariadi)

~ dilihat : 224 kali ~