Probumsil UPI Laksanakan Pembekalan Calon Alumni Protokol

1Bandung, UPI

Protokol Bumi Siliwangi  Universitas Pendidikan Indonesia (Probumsil) menyelenggarakan pembekalan Calon Purna/Alumni Protokol, Sabtu (20/8/2016) di Ruang Teleconference Gedung  University Centre Kampus  UPI  Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Pembekalan ini dihadiri calon purna protokol Sekretariat Utama dan Probumsil Satuan.

Dewan Pakar Probumsil bidang Sumber Daya Manusia, Dr. Hj. Yayah Rahyasih, M.Pd., memberikan pembekalan dengan tema, “Kompetensi Purna Probumsil dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara”. Ia mengarahkan calon purna Probumsil  dapat mempertahankan disiplin, menjunjung tinggi etika moral sebagaimana syarat masuk sebagai anggota Probumsil.

Kegiatan diselengarakan Paguyuban Purna dan Dewan Pengurus Probumsil Tahun Bhakti IX. Hadir pula memberikan pembekalan para purna protokol yang sedang berkarier, di antaranya Purna Protokol Utama Pratama (P.PUPt.), Ahmad Rifqy Ash Shiddiqy, M.Pd. Ia menyampaikan pembekalan, “Mempersiapkan Kehidupan Berkeluarga Sejak Dini”,  Purna Protokol Utama Pratama Tiksna Bayu Ramadhan, S.Si. (Ajudan Kepala LAPAN) menyampaikan pembekalan “Purna dalam Tugas Keprotokolan”, P.PUPt. Syifa Nurul Lutfiani, S.Psi. (Protokol KPU RI) menyampaikan pembekalan “Purna dalam Lembaga Kenegaraan”, P.PUPt. Deni Permana, S.Pd. (Staf pada AW Officer) menyampaikan pembekalan “Purna dalam Berdikari Kerja”. Penyampaian pembekalan berlangsung dengan diskusi aktif antara perserta dan pemateri.2

Seluruh calon purna protokol yang mengikuti pembekalan ini dikukuhkan menjadi purna protokol dan mendapatkan Sertifikat Tanda Lulus Pendidikan dan Penugasan Protokol (STLP3) pada tanggal 20 Zulqaidah 1437 H/23 Agustus 2016 M sehari sebelum upacara wisuda sesuai dengan Peraturan Kehidupan Protokol Nomor 1 Probumsil 2016 tentang Paguyuban Purna Protokol Bumi Siliwangi yang disahkan oleh Sekretaris Eksekutif UPI. Sidang pengukuhan tersebut mangandung arti beralihnya status personel Probumsil dari anggota menjadi purna protokol ditandai dengan penyampaian pidato purna dan pergantian jas penugasan protokol berwarna biru (almamater UPI) menjadi jas purna protokol berwarna hijau lumut. Paguyuban Purna PROBUMSIL diatur dalam pasal 32 Keputusan Rektor UPI Nomor 2906/H40/KM/2008 dengan tujuan menghimpun para alumni protokol yang dinyatakan tidak cacat tugas selama menjadi anggota Probumsil.

Dalam pembekalan tersebut ditampilkan video penugasan dan pencapaian Probumsil, tampak seluruh purna dan anggota yang hadir dalam ruangan tersebut tidak tahan meneteskan air mata menandakan terkenang ketika melaksanakan penugasan dan kebersamaan selama menjadi anggota Probumsil. Pembekalan ditutup dengan pembacaan do’a dipimpin Mitra Tama Protma. Arief Fachrurozi (MIK/FPIPS 2013) serta musafahah sebagai ucapan selamat kepada calon purna protokol.

Pembekalan tersebut bertujuan untuk membentuk purna protokol mampu berdikari dan siap mengabdi pada bangsa dan negara berlandaskan ajaran agama dan nilai budaya serta memegang teguh filososi Paguyuban Purna Probumsil “mencar ti tatar pasundan  nyambuang ka nusantara”  yang mengandung arti setiap purna protokol menyebar dari tanah pasundan menyambung ke seluruh nusantara. Para purna protokol diharapkan senantiasa mengamalkan kode etik Probumsil dalam Catur Dharma: 1. Iman dan Takwa 2. Fikir dan Norma 3. Budaya dan Citra 4. Bhakti dan Tanggungjawab. (Assisten Deputi Penugasan Bidang Publikasi Probumsil)3

~ dilihat : 33 kali ~