Probumsil UPI Gelar Sidang Pengukuhan Purna Bhakti

11081103_770392626401912_5956253524338653948_nBandung, UPI

Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia menggelar sidang terbuka berkenaan dengan Pengukuhan Purna Bhakti Korps, Selasa (14/4/2015), di Gedung University Centre UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Purna bhakti korps merupakan prgan Probumsil sebagaimana sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor 2906/H40/KM/2008 dan 6020/UN40/KM/2014 pasal 32 tentang purna.

Kegiatan ini merupakan Sidang Purna Bhakti Korps pertama yang dilaksanakan pada tahun bhakti VIII. Sidang terbuka berkenaan dengan pengukuhan purna bhakti korps merupakan kultur Probumsil yang diikuti seluruh sivitas korps dan dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada anggota yang menyelesaikan studi akademik dan tidak dinyatakan cacat tugas selama menjadi anggota Probumsil.

Sidang yang dipimpin Ades Kariyadi selaku Mitra Tama ini dihadiri seluruh sivitas Korps, orang tua calon Purna dan ormawa di lingkungan UPI. Sidang yang penuh khidmat ini dilaksanakan atas nama Protokol Utama Wina Juningsih S.Psi., mahasiswa Studi Departemen Psikologi angkatan 2010 yang merupakan Purna Bhakti ke-53.njk

Dalam pidatonya yang berjudul, “Pembentukan Status Identitas Vokasional Anggota Probumsil Universitas Pendidikan Indonesia,” Wina Juningsih menyampaikan, “Proses eksplorasi identitas teori dan praktik seperti penugasan sebagai tim protokol yang paripurna dan aspek lain dari pembentukan status identitas vokasional anggota korps adalah komitmen, di mana sebagian besar purna Probumsil UPI sudah berkomitmen serta berkarier di bidang keprotokolan.”

Calon Purna dalam sidang terbuka berkenaan dengan pengukuhan purna bhakti korps ini disematkan tanda Purna dan pergantian jas serta penyerahan sertifikat Purna sebagai tanda pengukuhan purna bhakti korps. Pergantian jas ini sebagai tanda bergantinya status keanggotaan menjadi anggota Purna Bhakti Korps.Setiap calon Purna yang telah dikukuhkan menjadi Purna Bhakti Korps menyerahkan hasil karya ilmiah Strata 1.

Hal ini memiliki arti Purna Bhakti Korps memberikan dorongan kepada seluruh anggota Korps untuk senantiasa menjalankan kewajiban Akademik. Karya ilmiah ini akan disimpan di Pustaka Korps sebagai Dokumentasi Korps.

Kultur Probumsil dalam pengukuhan purna bhakti korps ini pun sangat terlihat ketika acara Rengkuh Nuhun Purna Bhakti Korps kepada orangtua. Kekhidmatan semakin terasa dengan suasana ruangan yang hanya menggunakan penerangan lilin. Purna melakukan rengkuh dan cium tangan kepada kedua orangtuanya diiringi dengan pembacaan Naskah Rengkuh Nuhun.

Sampai saat ini Purna Probumsil sudah menunjukkan kiprahnya dengan berbagai profesi seperti Tenaga Ahli Utama Lembaga Tinggi Utama, Ajudan Direktur BUMN, dosen, auditor, aparatur sipil negara, trainer perusahaan internasional dan profesi lainnya. Kesuksesan Purna Probumsil diharapkan dapat memotivasi anggota untuk dapat belajar dan menjadi lebih baik ke depanya terutama dalam memberikan layanan keprotokolan. (Deputi Publikasi Probumsil UPI)

~ dilihat : 213 kali ~