Pramuka UPI Kampus Tasikmalaya Ikuti Latgab SE-UPI 2013

Tasikmalaya, UPI

Peserta Latihan Gabungan Gerakan Pramuka Racana Ki Hajar Dewantara dan RA. Kartini Gudep Kota Tasikmalaya 02111-02112 dengan 17 orang perwakilan kembali menginjakkan kaki di kampus tercinta setelah mengikuti kegiatan Latihan Gabungan se-UPI di Bumi Perkemahan Nangora-Sumedang tepatnya di Kawasan Agrobisnis Sumedang (KAS), Selasa (28/5/2013). Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, Pramuka UPI Tasikmalaya ini telah sukses pula melaksanakan perkemahaan Jumat Sabtu dan Minggu atau lebih akrab dengan akronim PERJUSAMI pada tanggal 4, 5 dan 6 Mei 2013 yang dilaksanakan di Lapangan Tundagan Kec. Mangkubumi, Kakak-kakak pramuka ini tetap semangat  untuk melaksanakan kegiatan lainnya tidak mengenal lelah.

Kegiatan pertama di bulan Mei yakni kegiatan PERJUSAMI yang telah dilaksanakan tahun ini tampak berbeda.  Pelaksanaan PERJUSAMI Tahun 2013 ini merupakan kali kedua  diadakan di luar area kampus. Peserta kegiatan PERJUSAMI adalah mahasiswa semester 2 reguler UPI Tasikmalaya, peserta tampak antusias mengikuti kegiatan-kegitan yang disipakan panitia mulai dari pelatihan dasar kepramukaan, permainan-permainan mendidik juga survival kealam terbuka. “Seru, saya benar-benar biasa merasakan hidup jauh dari oarng tua dan tanpa mengeluarkan uang. Ternyata kita harus serba bisa untuk bertahan hidup terutama memanfaatkan yang ada dan masak. Harus bisa berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain. Kebersamaan  menjadikan segala sesuatu menjadi mudah dan enak walau makan dengan dengan nasi yang belum mateng dan lauk seadanya” ujar Resa salah seorang peserta PERJUSAMI. Kegiatan ini memiliki Tujuan sebagai wahana pembinaan calon pembina pramuka di sekolah dasar dan menggali potensi calon pembina pramuka untuk siap membina di sekolah dasar.

Kemudian kegiatan kedua masih dalam bulan yang sama yakni pada tanggal 25-28 Mei 2013 Pramuka UPI Tasikmalaya mengikuti kegitan Latihan Gabungan Pramuka Se-UPI 2013 yang disingkat LATGAB Se-UPI, dengan tema kegiatan  “My Scout My Education” yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Setiap kampus daerah (KAMDA) bergiliran menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dan  tahun ini UPI Kampus Sumedang menjadi tuan rumahnya. “Jadilah pramuka yang sejati berlandaskan  3 satya dan menghidupkan dasa darma.” Pesan ketua pelaksana Dede Anjar dalam sambutan pada pembukaan.

Dalam kegiatan latgab ini juga dilaksanakan seminar kepramukaan, untuk menghadapi akan diberlakukannya  kurikulum 2013 yang sudah mulai di laksanakan secara bertahap dan terbatas dan didalamnya tersurat bahwa pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan untuk diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan. Sudah saatnya para calon pendidik Sekolah Dasar untuk mempersiapkan dirinya menjadi Pembina pramuka di SD. Kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan skiil bagi calon pendidik dalam kegiatan kepramukaan harus sering dilaksanakan. Sehingga mahasiswa calon guru memiliki wadah untuk mengembangkan potensi diri menjadi pendidik yang mumpuni dalam bidangnya (guru professional). Kegiatan Latgab tahun ini begitu berkesan karena peserta telah sukses mengadakan perjalanan ke Curug Sabuk yang medannya menantang, hingga menghabiskan waktu sampai dengan 8 jam untuk jalan kaki pulang-pergi. “Meskipun lelah tapi tetap aksi narsis dan full senyum.” Begitu komentar Maulina Agustin , salah satu peserta Latgab kamda UPI Tasikmalaya. Salam pramuka tetap berkontribusi dengan karya! (Eli Nurlela Andriani dan Vira Pratiwi)

~ dilihat : 339 kali ~