PPMS selenggarakan Workshop on Mathematical Modeling

Suasana Presentasi Akhir Workshop on Mathematical Modeling

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (PPMS) ITB menyelenggarakan Workshop on Mathematical Modeling pada Senin-Kamis (17-20/09/12). Bertempat di Prodi Matematika ITB dan Comlabs ITB, kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa, dosen, maupun pihak lain yang tertarik untuk memodelkan masalah nyata di bidang non-matematika.  Workshop ini juga dihadiri oleh Dr. Neville Fowkes dari University of Western Australia, yang bertindak sebagai pembimbing utama.

Ketua Prodi Matematika ITB, Dr. Agus Yodi Gunawan, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para matematikawan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang yang tidak berlatar belakang matematika. Ia juga menambahkan bahwa workshop ini dapat melatih peserta untuk menerapkan segudang alat matematika yang selama ini telah mereka pelajari.

Ada enam topik yang didiskusikan dalam workshop ini yakni Piped Water Cooling Of Concrete Dams (Penggunaan Air Melalui Pipa untuk Mendinginkan Bendungan Beton), Fishing Rod Design (Perancangan Batang Pancing), Oil Detection Using Electromagnetic Prospecting Techniques (Pencarian Minyak Menggunakan Teknik Elektromagnetik), Pollution Modelling (Pemodelan Polusi), Brazil Nut Effect (Efek Kacang Brazil), Corrosion Inhibition In Steel Pipes Used In The Oil Industry (Penghambatan Korosi pada Pipa Baja yang digunakan pada Industri Migas).

Sesuai dengan jumlah topik bahasan, para peserta yang berasal dari berbagai macam daerah seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Medan, dibagi ke dalam enam kelompok dan diharuskan untuk menyelesaikan masalah pada masing-masing topik dengan pemodelan matematika. Tiap kelompok mendapat pembimbing yang juga berasal dari berbagai macam bidang keilmuan, seperti matematika, fisika, dan kimia. Masing-masing kelompok diberikan waktu selama tiga hari untuk mendiskusikan masalah dan mempresentasikannya di hari keempat.

Fowkes, yang juga berperan dalam pembentukan PPMS ITB, menyampaikan kegembiraannya terhadap workshop ini. Menurutnya, para peserta workshop sangat hebat, mereka mampu memahami masalah dengan sangat baik, mampu memberikan interpretasi dari model mereka, dan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi.

Disunting dari berita yang dibuat oleh Abrari Noor Hasmi, Matematika ITB

~ dilihat : 380 kali ~