PKn Belajar Kebhinekaan di Desa Pagayaman Bali

Kunjungan PKn ke BaliBali, UPI

Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan pada 10 hingga 13 Desember 2014.  Para mahasiswa tersebut melakukan studi lapangan ke Universitas Pendidikan Ganesha dan Desa Pagayaman Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Bali.

Kegiatan ini diikuti oleh 97 mahasiswa angkatan 2011, dan mereka didampingi oleh delapan dosen pembimbing yaitu Prof. Dr. Dasim Budimansyah, Prof. Dr. Sapriya, Dr. Cecep Darmawan, Syaifullah, M.Si, Leni Anggraeni, M.Pdm Susan Fitriasari, M.Pd, Sri Tanzil, M.Pd, Dede Iswandi, M.Pd.

Prof. Dr. Nengah  Bawa Atmadja, M.A Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Dr. I Gusti Ngurah Arya Sunu serta dosen Undiksha menerima kehadiran rombongan. Kegiatan dilakukan dengan melakukan dialog antar dosen dan mahasiswa.  Sedangkan di Desa Pagayaman rombongan diterima oleh Sekretaris Desa Nyoman Panji dan para tokoh masyarakat setempat. Selama di desa ini mahasiswa melakukan wawancara dan observasi terkait masalah kewarganegaraan seperti toleransi dalam budaya “ngejot”, dan masalah alkulturasi sosial budaya dalam konteks PKn.

Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Seminar Pendidikan Kewarganegaraan.  Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kebihinekaan tumbuh di masyarakat Bali, khususnya di masyarakat Desa Pagayaman Bali.  Desa ini unik karena ternyata penduduknya mayoritas (95%) menganut agama Islam. Hasil dari studi lapangan tersebut di atas kemudian diekspose di Kota Denpasar secara akademik (Cecep Darmawan).

~ dilihat : 212 kali ~