Pesilat UPI Raih Gelar Terbaik Nasional

Jakarta, UPI1-1

Unit Kegiatan Mahasiswa Persatuan Silat Tenaga Dalam (UKM PSTD) Indonesia Ranting Universitas Pendidikan Indonesia meraih gelar pesilat terbaik putra serta mengumpulkan tiga medali emas, tiga medali perak dan satu medali perunggu pada Kejuaraan Nasional Kateda yang diselenggarakan di Padepokan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, 28 Februari–1 Maret 2015.

Minggu1 Maret 2015 merupakan sebuah berkah bagi anggota UKM PSTD Indonesia ranting UPI. Karena, setelah berbagai perjuangan dilalui, dimulai dari persiapan dan latihan intensif yang dilakukan sejak dua bulan ke belakang oleh para atlet dan pelatih. Kemudian 10 orang atlet, 2 orang pelatih dan suporter yang berangkat dari Kampus UPI Bumi Siliwangi menuju Jakarta pada hari Jumat 27 Februari 2015 dengan membawa tekad yang kuat dan harapan akan menjadi juara.1-2

Ternyata usaha mereka tidak sia-sia, setelah berjuang melalui babak penyisihan, Sabtu 28 Februari 2015, para pesilat dari UKM PSTD Indonesia Ranting UPI mampu menyabet medali di ajang kejuaraan nasional Kateda. Pada kesempatan ini atlet PSTD UPI yang tangguh berjuang untuk mengharumkan nama universitas di kancah nasional. Kerja keras yang dilakukan tim PSTD Indonesia ranting UPI untuk persiapan kejuaraan pun tidak sia-sia, sehingga dapat menggondol 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Bahkan yang sangat membanggakan, Nuryovi (1105065-Pendidikan Teknik Mesin) salah satu atlet UKM PSTD Indonesia ranting UPI Peraih Medali Emas mampu meraih gelar bergengsi sebagai pesilat atau peserta terbaik putra dengan mengalahkan 200 orang peserta lainnya, melalui performance tandingnya yang sangat apik dan mampu memukau para juri. Adapun namaa–nama mahasiswa/i UPI yang memperoleh medali tersebut adalah:

No Nama Departeman / Fakultas Mendali Juara
1 Adida Nurmaksum Pend. Olahraga & Kepelatihan/FPOK Perak Juara 2 kelas bebas putra dewasa
2 Aditya Fitriadi K Pend. Teknik Mesin/FPTK Perunggu Juara 3 kelas F putra dewasa
3 Adya Sukma D Ilmu Pend. Agama Islam/FPIPS Perak Juara 2 kelas AB putri dewasa
4 Anggit Pend. Sejarah/FPIPS Perak Juara 2 kelas D putri dewasa
5 Lintang Ayu H Pend. Geografi/FPIPS Emas Juara 1 kelas AB putri dewasa
6 Nuryovi Pend. Teknik Mesin/FPTK Emas Juara 1 kelas E putra dewasa
7 Sofyan Alamhudi Pend. Seni Rupa/FPBS Emas Juara 1 kelas F putra dewasa

1-3Kejuaraan Kateda merupakan ajang kejuaraan silat antar perguruan nasional untuk mencari bakat para pesilat muda yang berprestasi sehingga dapat meningkatkan kualitas generasi pesilat muda di Indonesia. Kejuaraan ini dimeriahkan hadirnya aktor bintang film ternama Yayan Ruhian (Matdog) yang berlaga di film Meratau, The Raid, dan The Raid 2.

Yayan Ruhian (Matdog) yang merupkan pesilat senior merupakan bagian dari Keluarga besar PSTD. Ia merupakan pelatih PSTD Pusat di Jakarta. Ia dan para pelatih PSTD merasa bangga karena para atletnya mampu memborong pulang medali pada di tingkat dewasa sekaligus menjadi pesilat terbaik pada event tersebut.1-4

Bukan hanya pada even kejuaraan nasional Kateda, para pesilat PSTD UPI pun mampu mencetak prestasi. Namun seminggu sebelum kejuaraan di Jakarta, UKM PSTD ikut serta diajang Kejuaraan Porda IPSI Kota Cirebon yang dilaksanakan 20-22 Februari 2015 dengan mengirimkan 4 orang atletnya. Hasil yang didapat pun sama sekali tidak mengecewakan, para atlet mampu meraih 3 perunggu.

Berikut nama-nama mahasiswa/i UPI yang telah berjuang pada even Kejuaraan Porda IPSI Kota Cirebon :

No Nama Departeman / Fakultas Mendali Juara
1 Ginanjar Kusnita Pend. Teknik Mesin/FPTK Perunggu Juara 3 kelas E putra dewasa
2 Indra Eka T Pend. Teknik Mesin/FPTK Perunggu Juara 3 kelas F putra dewasa
3 Siti Asma R.A Pend. Geografi/FPIPS Perunggu Juara 3 Seni TGR Putri dewasa

1-6UKM PSTD Indonesia ranting UPI merupakan UKM yang produktif dan selalu berusaha menorehkan prestasi untuk mengharumkan nama UPI, tidak hanya di tahun 2014 & 2015 tahun sebelum sebelumnya UKM PSTD mempunyai prestasi yang sangat luar biasa dalam even Wali Kota Cup 2013 di Bandung tim UKM PSTD UPI meraih 5 medali Perunggu.

Sebelumnyapun di tahun 2012 UKM PSTD mampu menjadi Juara Umun pada Kejuaraan Terbuka PSTD Indonesia Jabar sekaligus menjadi penyelenggara, masih di tahun 2012 meraih prestasi di ajang nasional dengan menyabet 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu di Kejuaraan Nasional AL Azhar dan lain sebagainya. (Nur Yovi)

1-5