Perubahan Teknologi Media Merevolusi Tatanan Kehidupan

Bandung, UPI

Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kuliah tamu di Auditorium Gedung Nu’man Soemantri, FPIPS Lt. 6, Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Rabu (16/09/2015).  Kali ini kuliah umum mengangkat tema, “The Future Trend of Mass Media : A Global Perspective”.

Prof. Dr. Azizul Halim Yahya,  Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Teknologi Mara, Malaysia, tampil sebagai narasumber. Azizul membahas media konvensional, konvergensi media saat ini, dan media di masa depan, atau new media. Dalam pemaparannya, Azizul menekankan perubahan teknologi media massa merevolusi tatanan ekonomi, sosial-politik, serta kebudayaan manusia karena cara komunikasinya yang berubah.1-2

“Media sosial akan memimpin trend media massa ke depan, dan setiap orang akan terfokus padanya sehingga diri mereka berubah, bahkan struktur masyarakat dan pemerintahan,” Azizul menjelaskan.

Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi angkatan 2013-2015 yang menghadiri kuliah ini pun terlibat aktif dalam sesi diskusi. Beragam pertanyaan muncul, mulai dari kemungkinan hilangnya pemerintah dan masyarakat dipimpin media massa, konglomerasi media massa, dan psikologis manusia di era new media. Kuliah tamu ini pun ditutup dengan sesi foto bersama. (Bidang Informasi Himikasi)

~ dilihat : 172 kali ~