Percama Benteng Siliwangi UPI Masuk Peringkat IV PCC 2013

2

Surabaya, UPI

Kejuaraan rutin diselenggarakan oleh Universitas Petra pada tanggal 14-16 Februari yang mengusung tema Petra Chess Competition 2013 (PCC 2013) ‘Valentine from chess to love’ diikuti oleh berbagai universitas se-Indonesia termasuk didalamnya Universitas Pendidikan Indonesia yang mengirimkan delegasinya untuk mengikuti kejuaraan tersebut.

Setelah menempuh perjalanan selama 17 jam, UKM Percama Benteng Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (Percama UPI) tiba di Stasiun Gubeng pukul 23.30 WIB dan memutuskan untuk menunggu pagi hingga acara dimulai. Hari pertama diawali dengan technical meeting yang diadakan di lokasi pertandingan yaitu East Coast Center Pakuwon City. Muncul beberapa komentar dari berbagai peserta mulai dari peraturan permainan, batas umur dan fasilitas yang disediakan oleh panitia PCC.

Pertandingan babak pertama dimulai Kamis, 14 Februari 2013 pukul 11.55 WIB, Tim UPI A yang terdiri dari Abdul Muiz (PJKR 2012), Negla Sari (Pend. IPS 2012), Yusi Yusmiati (Pend. IPS 2012), Rima Nur Iman (PGSD, 2012) dan Melia Apriyani (PGSD 2011) melawan Tim Universitas Kristen Petra B. Lalu Tim UPI B dengan susunan pemain Amri Rahmatullah (Teknik Mesin 2008), Arif Rahmansyah (Pend. PKN 2008), Dede Rival Novan (Pend. Kimia 2008), Harry Sitorus (Tekpend 2011) dan Yahya Zakaria (ILKOM 2011) bertemu tanding dengan Universitas Kristen Petra C. Pertandingan Catur Cepat 25 menit ini membuat  Tim PERCAMA UPI semakin mempersiapkan taktik, strategi dan memanfaatkan peluang yang ada diawal-awal pertandingan. Memasuki babak kedua, Tim UPI A melawan STIKOM A dan UPI B melawan UGM A.  Babak kedua menjadi penutup pertandingan yang akan dilaksanakan 7 babak.1

Setelah pertandingan beregu selesai, pukul 15.00 WIB giliran para pemain perorangan melakukan registrasi. Hasan Nurrahmat (ILKOM 2010), Bayu Wisnu Aji (Teknik Mesin 2011) dan Irfan Pradita (Pend. Matematika 2010) menjadi delegasi UPI pada pertandingan kali ini. Pertandingan 7 babak ini diikuti oleh 94 peserta dengan kategori SD dan SMP serta SMA dan Mahasiswa Non Master.

Memasuki hari kedua dimulai dengan permainan ringan yang telah disiapkan oleh panitia PCC 2013. Lalu pada pukul 13,00 WIB, TIM UPI A bertanding berhadapan dengan ISTTS B dan UPI B berhadapan dengan Universitas Brawijaya A. UPI B meraih kemenangan 3-2 atas Universitas Brawijaya A dan melaju ke meja kedua berhadapan dengan Universitas Negeri Yogyakarta A. Terjadi pertandingan yang menegangkan antara keduabelah pihak karena kemenangan ini bisa menentukan lawan yang akan dihadapi oleh UPI B selanjutnya. Lalu di babak keempat, UPI A berhadapan dengan Universitas Padjajaran B di meja 14.

Hari terakhir, pertandingan dilakukan tiga babak untuk menentukan pemenangnya. Tim UPI B kali ini berhadapan dengan Universitas Airlangga (Unair) di babak kelima ini. Setelah menang melawan Unair, Tim UPI B harus melawan sesama  rekan tim dari Jawa Barat yaitu Universitas Padjajaran C di meja kedua. Pertandingan yang dinanti-nantikan oleh sesama tim dan membuat para penonton menantikan hasil akhir dari pertandingan tersebut.

Setelah menjadi penutup pertandingan, hasilnya dimenangkan oleh Universitas Padjajaran C dengan 3-2 atas UPI B. Pertandingan melawan Unpad C selesai, di babak terakhir ini UPI B bertemu dengan Universitas Hasanudin dan menang dengan skor 4-1. Kemenangan ini membuat UPI B menduduki Peringkat ke-4 dalam Kejuaraan Catur Petra Chess Competition 2013. (Taeminella)

~ dilihat : 428 kali ~

Tulisan tidak ditemukan...