Perayaan 21 Tahun Kerja Sama Universitas ASEAN–Eropa

Jubilee Celebration ASEAN-Eropa 2015Senin (26/10/2015), sejumlah perwakilan universitas di Austria dan Asean berkumpul di Aula Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Salemba, untuk merayakan 21 tahun kerja sama universitas-universitas di ASEAN-Eropa yang tergabung dalam ASEAN-European Academic University Network (ASEA-UNINET).

Hadir dalam acara ini Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. (Rektor UI), Dr. Andreas Karabaczek (Duta Besar Austria untuk Indonesia), Prof. Ketut Suastika (Presiden ASEA-UNINET), dan Prof. A. Min Tjoa (Koordinator Nasional Austria ASEA-UNINET).

Dalam sambutannya, Rektor UI mengatakan bahwa kerja sama antara UI dan universitas-universitas di Eropa berlangsung dengan baik selama ini, terutama dalam bidang penelitian teknologi informasi. Kerja sama ini dilakukan dalam bentuk pertukaran pelajar, riset, dan beasiswa.

Dalam acara ini, hasil penelitian kerja sama UI dan Universitas Teknologi Vienna dipresentasikan dengan judul “Detecting Labour Strikes in Indonesia Using Tweets. Penelitian ini dibuat oleh Mochamad Ibrahim dari UI dan Lisa Madlberger, B.Sc., M.Sc. dari Universitas Teknologi Vienna.

Secara keseluruhan terdapat tujuh presentasi penelitian dari para tamu yang hadir. Penelitian-penelitian ini merupakan hasil kerja sama dalam bidang riset antara Indonesia dan Eropa yang berfokus pada tema-tema tentang Indonesia.

Penelitian yang dipresentasikan antara lain berjudul “Traditional Indonesian Architecture” oleh Dr. Ulrike Herbig dan “Open Data, Smart City, and Joint Lab Initiatives” oleh Dr. Wikan Danar Sunindyo dan Dr. A Min Tjoa. Acara ini ditutup dengan presentasi dari Prof. Zainal Hasibuan, Ph.D. dari Fakultas Ilmu Komputer UI dengan presentasinya yang berjudul “Past and Future Collaboration Under ASEA-UNINET Scheme”.

ASEA-UNINET adalah sebuah konsorsium kerja sama universitas-universitas Eropa dengan sejumlah negara anggota ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Anggota ASEA–UNINET di Indonesia di antaranya adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Insititut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Udayana.

Penulis: Wanda Ayu