Peneliti UI Kembangkan Jamu untuk Hewan

SuperjamuSelama ini jamu dikenal sebagai obat herbal yang dikonsumsi baik untuk menjaga stamina tubuh maupun menyembuhkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa jamu juga mempunyai khasiat untuk hewan. Prof. drh. Wiku Adisasmita, M.Sc., Ph.D., lewat penelitiannya yang menghasilkan produk “Superjamu Hewan”, membuktikan hal tersebut.

Sebagai ramuan asli Indonesia, jamu telah dikonsumsi turun-temurun. Bahan untuk meracik jamu mudah ditemukan. Selain itu, jamu juga aman dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping bagi tubuh. Pada hewan, menurut Wiku, jamu merupakan alternatif untuk mengurangi ketergantungan penggunaan antibiotik.

Pengembangan produk Superjamu Hewan ini merupakan upaya untuk menaikkan kualitas pakan ternak. Menurut Wiku, kualitas pakan ternak secara tidak langsung berdampak pula pada kesehatan manusia. “Kalau kesehatan hewannya berkualitas, kesehatan manusianya juga bisa baik,” kata Wiku.

Dalam penelitian itu, produk Superjamu Hewan diteteskan pada pakan ternak sesuai takaran. Wiku bekerja sama dengan peternak di sejumlah daerah di Indonesia. Ia mencobakan produk tersebut pada beragam hewan seperti ikan, unggas, kuda, babi, burung, dan sapi.

Berdasarkan laporan yang ia terima dari para peternak hewan, terbukti bahwa produk Superjamu Hewan ini berkhasiat tinggi. “Berdasarkan pengakuan peternak (ayam), kotorannya tidak berbau dan ayamnya tidak terserang flu burung,” kata Wiku lagi.

Superjamu Hewan saat ini masih diproduksi pada skala rumahan, salah satunya di Pangalengan, Jawa Barat. Untuk komposisinya, Superjamu Hewan diracik menggunakan bahan-bahan herbal beserta probiotik yang diperuntukkan untuk hewan. Bahan herbal yang digunakan antara lain kunyit, lengkuas, jahe, sirih, dan kencur.

Bahan herbal yang dicampurkan berbeda, tergantung jenis hewan. Selain dapat menambah nafsu makan dan menjaga kekebalan tubuh, Superjamu Hewan telah terbukti mempercepat pertumbuhan berbagai jenis hewan. Tidak hanya hewan ternak, Superjamu Hewan juga dapat dikonsumsi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Superjamu Hewan untuk ikan, misalnya, bermanfaat menekan angka kematian ikan. Pada unggas, Superjamu Hewan mampu mempercepat pertumbuhan, menambah nafsu makan, meningkatkan produktivitas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menekan angka kematian. Sementara itu, pada babi, Superjamu Hewan terbukti menurunkan kadar lemak.

Penulis: R. A. Khairun Nisa

Editor: Inung Imtihani

~ dilihat : 242 kali ~