Pendidikan Akuntansi UPI “Ngabdi Ka Lemah Cai”

HimadiksiBandung, UPI

Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntasi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia bersama dengan Himadiksi UPI mengadakan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) dengan tema “Sauyunan Pendidikan Akuntansi Sareng Himadiksi Ngabdi ka Lemah Cai” yang dilaksanakan di Desa Mekar Mukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, 5-7 Agustus 2016.

Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Himadiksi) UPI, Mahendra Eka Putra mengatakan, bahwa tujuan acara ini merupakan bentuk tanggung jawab mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk mengabdi kepada masyarakat sekaligus ajang belajar untuk menjadi bagian darimasyarakat.

Hal senada juga diamini oleh ketua pelaksana, Santi Junianti. Acara ini disambut baik oleh masyarakat Desa Mekar Mukti. Terbukti dengan begitu besarnya antusiasme masyarakat saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut tersebut.01

Pada hari pertama setelah dibuka Drs. Deden Sutisna selaku Kepala Desa Mekar Mukti, panitia langsung terjun ke masyarakat untuk bersosialisasi secara door to door sekaligus memberikan informasi tentang rangkaian acaras elama tiga hari. Diawali dengan Tabligh Akbar yang diisi oleh Ustaz Selamet Nur Anom, S.Pd dengan tema utang piutang.

Kemudian pada hari kedua acara dilanjutkan dengan Fun Learning untuk siswa kelas 1–6 yang dilaksanakan di SDN 2 Cihampelas serta disambung dengan Perlombaan Tradisional yang dilaksanakan di Lapangan Desa dan diikuti oleh anak-anak Desa Mekar Mukti. Sedangkan di waktu yang sama diadakan Seminar Ekonomi dengan tema Pengelolaan Modal. Seminar Ekonomi ini diikuti oleh Ibu-Ibu Penggerak PKK bertempat di Aula Desa Mekar Mukti dan diisi oleh Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi UPI, Dr. Hj. Meta Arief, M.Si.02

Pada hari terakhir, panitia mengadakan senam bersama yang diikuti oleh warga sekitar dan panitia juga membantu pelaksanaan “Pesta Demokrasi” warga RW 06 Desa Mekar Mukti untuk memilih Ketua RW 06 periode 2016-2021, sebelum akhirnya acara P2M ditutup dengan pemberian bantuan berupa buku-buku bacaan untuk Perpustakaan Desa Mekar Mukti dan juga paket sembako untuk warga kurang mampu yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi UPI kepada Kepala Desa Mekar Mukti.

Dalam sambutannya saat acara penutupan, Kepala Desa Mekar Mukti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan tim dosen atas kesediannya untuk tinggal dan mengabdi di Desa Mekar Mukti selama beberapa hari. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Kami juga berharap, di tahun-tahun berikutnya akan diadakan acara serupa. Kami akan sangat senang sekali,” katanya.

Senada dengan hal tersebut Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi juga bermaksud mengadakan acara serupa sebagai langkah lanjutan dari yang sudah dilakukan pada tahun ini. (Mahendra Eka Putra/Pendidikan Akuntansi 2014)04

03

~ dilihat : 30 kali ~