Pendaftaran SNMPTN 2015 Dibuka 13 Februari

Seleksi Masuk SNMPTN (1)Pendaftaran SNMPTN 2015 segera dibuka. Siswa SMA/MA dan SMK/MAK sudah dapat melakukan pendaftaran pada 13 Februari—15 Maret 2015.

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik sebagai persyaratannya. Pertama-tama, kepala sekolah atau yang ditugaskan akan mengisi data sekolah dan siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kepala sekolah atau yang ditugaskan akan mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.

Selanjutnya, siswa dapat melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisi oleh kepala sekolah dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password. Siswa pendaftar menggunakan NISN dan password yang diberikan pada saat verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id.

Setiap siswa dapat memilih sebanyak-banyaknya dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal. Sementara itu, jika memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Urutan pilihan PTN dan program studi yang dipilih menyatakan prioritas pilihan.

Proses seleksi ini akan berlangsung mulai 16 Maret 2015 hingga 8 Mei 2015. Sementara, hasil seleksi akan diumumkan pada 9 Mei 2015. Bagi yang dinyatakan lulus, proses verifikasi dan pendaftaran ulang di masing-masing PTN akan berlangsung pada 9 Juni 2015. Informasi selengkapnya tentang program studi dan daya tampung SNMPTN 2015 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id.