Pemkab Purwakarta Gandeng UI Bangun 5 Desa

Pemkab Purwakarta_Kunjungan UISebagai tindak lanjut penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dan Universitas Indonesia pada Rabu (11/2/2015) lalu, tim UI melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (27/2/2015). Disambut di Pendopo Kabupaten Purwakarta, Bale Nagri, pertemuan ini membahas teknis lapangan serta gambaran besar kerja sama.

Dalam pertemuan ini, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, meminta kerja sama UI untuk membangun lima desa percontohan. Pembangunan dan pengembangan desa berbasis kultur akan dikembangkan di lima desa tersebut secara holistik.

Lima desa yang dimaksud adalah Desa Pusakamulya di Kecamatan Kiarapedes, Desa Sumurugul dan Nagrog di Kecamatan Wanayasa, Desa Linggamukti di Kecamatan Darangdan, dan Desa Sukamulya di Kecamatan Tegalwaru.

Ke depan, Dedi menargetkan kelima desa itu menjadi desa adat yang seluruh kehidupannya berjalan mandiri dengan kekuatan potensi dan kulturnya. “Pertanian, pendidikan, sosio-kulturnya berjalan alamiah tanpa sentuhan modernitas sehingga nanti, ke depannya, potensi wisata desa ini akan berkembang sendiri,” tutur Dedi.

Kerja sama UI dan Pemkab Purwakarta juga akan melibatkan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Perwakilan dari PTIK yang hadir dalam pertemuan ini adalah Wakapolres Purwakarta, Kompol Indra Gunawan.

Berkaitan dengan ini, UI berencana menjalin kerja sama dengan PTIK dalam hal pengembangan sumber daya manusia. “Kami ingin nantinya para taruna dan polisi-polisi kami dapat menimba ilmu di UI sehingga peningkatan kualitas polisi di Purwakarta ini akan semakin baik,” ujar Indra.

Selain pembahasan tentang desa, dalam pertemuan ini, UI juga menawarkan kerja sama dalam bidang budaya, bidang sumber daya manusia, dan tata kota. “Kami menawarkan program Kerja Sama Daerah dan Industri (KSDI) serta penelitian dalam bidang budaya, kultur, serta tata kota di Purwakarta.“ ujar Dr. Drs. Herman Suryadi M.S., Apt. dari bagian kerja sama UI.

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI selanjutnya akan mengirimkan tim survei ke daerah-daerah di Purwakarta untuk mendapatkan gambaran besar wilayah serta identifikasi masalah. Ke depannya, kerja sama antara Pemkab Purwakarta dan UI akan melibatkan semua unsur fakultas di UI, baik untuk tenaga peneliti maupun tenaga untuk melaksanakan hal-hal teknis. (WND)

~ dilihat : 208 kali ~