Pemerintah Kab. Bengkayang Gandeng UPI

Untitled-2

Bandung, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia  sepakat untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah kabupaten Bengkayang dalam bidang pelaksanaan kegiatan yang menyangkut penyelenggaraan penelitian, pendidikan, pengabdian pada masyarakat serta jasa keprofesian pendidikan secara kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia baik di Kabupaten Bengkayang maupun di Universitas Pendidikan Indonesia.

 
Adapun kerjasama ini dikhususkan pada bidang Pendidikan Luar Biasa. Mengingat keterbatasan pelayanan Pendidikan Luar Biasa di Kabupaten Bengkayang, oleh karena itu dibutuhkan sumbangsi pemikiran, pengkajian khusus, serta pemberian pemahaman tentang proses pendidikan luar biasa kepada beberapa mahasiswa calon tenaga pendidik dari Kabupaten Bengkayang.

 
Untitled-1Rektor Universitas Pendidikan Indonesia yang diwakilkan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemiteraan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum., menyampaikan bahwa Universitas Pendidikan Indonesia yang selama ini memiliki Program Studi Kebutuhan Khusus yang telah diakui secara Internasional memahami betul akan pentingnya layanan tenaga pendidik di bidang Pendidikan Luar Biasa. Maka dari itu UPI siap memberikan pemahaman mendalam kepada para calon tenaga pendidik di Kabupaten Bengkayang untuk dapat mampu memenuhi kebutuhan layanan pendidikan Luar Biasa di daerahnya.

 
“sampai sekarang di Kabupaten Bengkayang ini masih belum ada tenaga pendidik yang secara khusus menangani kebutuhan Pendidikan Luar Biasa, oleh karena itu kerjasama ini dipandang perlu untuk memenuhi kebutuhan para tenaga pengajar yang dikhususkan menangani Pendidikan Luar Biasa”. Ujar Bupati Kabupaten Bengkayang Bapak Suryadman Gidot.

Untitled-3

 
Dengan arahan dari Direktur Direktorat Kerjasama dan Usaha Universitas Pendidikan Indonesia Dr. H. Ridwan el-Hariri, M.M., penandatanganan MoU ini diharapkan dapat menjadi awal proses pengembangan disiplin keilmuan khususnya Pendidikan Luar Biasa di Kabupaten Bengkayang  yang nantinya dapat diikuti oleh daerah lain yang masih memiliki layanan pendidikan khusus yang masih minim.

 
Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Bengkayang dengan Universitas Pendidikan Indonesia juga turut disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang Dr. Yan, S.Sos., M.Si., Ketua DPRD Kab. Bengkayang Darwis, SH., dan Ketua Komisi C DPRD Kab. Bengkayang Sarina, S.Pd. mereka berharap kerjasama ini dapat terjalin secara berkala mengingat perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat agar terciptanya pemerataan bidang pendidikan di setiap daerah. (ay)