Pembangunan Museum UGM Memasuki Tahap Awal

Pembangunan Museum UGM Memasuki Tahap Awal

2013-05-15 14:39:38

Tahap awal pembangunan Museum UGM telah dimulai hari ini, Rabu (15/5). Lokasi sementara museum UGM menempati rumah dinas Bulaksumur di blok D6 dan D7. Tahap awal pembangunan museum UGM tersebut ditandai dengan doa bersama dan penyerahan kunci secara simbolis rumah dinas Bulaksumur blok D6 dan D7 dari Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Dr. Suratman, M.Sc. kepada pihak kontraktor.

Hadir dalam acara doa bersama tersebut para anggota tim museum, seperti Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K), Drs. Arif Akhyat, M.A., Heri Santoso, S.S., M.Hum., Widodo Usman, S.TP., M.Sc. , Ari Kusmiran, S.Kom, Dra. Suwarni, Ari Cahyono, S.Si., dll.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Prof. Dr. Suratman mengatakan untuk sementara waktu museum UGM akan berada di rumah dinas Bulaksumur blok D6 dan D7 sebelum memiliki gedung sendiri. Museum UGM ini diharapkan bisa memperkuat dan memperkokoh kiprah UGM di kancah nasional maupun internasional.

“Diharapkan museum UGM ini akan membuat kiprah UGM di tingkat nasional maupun internasional semakin kuat,”papar Suratman.

Sementara itu Prof. Dr. dr. Sutaryo menambahkan keberadaan museum UGM ini sudah lama digagas. Sutaryo yakin tidak ada universitas yang maju dan berkembang tanpa hadirnya museum sebagai sumber inspirasi masa depan. Dalam pandangan Sutaryo sebuah sejarah tidak bisa dihentikan sehingga hadirnya museum UGM diharapkan bisa menjadi sarana untuk mengenal jati diri UGM.

“UGM harus selalu aktif memikirkan negara dan bangsa. Dilihat dari beberapa koleksi yang ada terlihat bahwa peran UGM itu luar biasa baik sebagai universitas kerakyatan maupun perjuangan,”kata Sutaryo.

Pada tahap awal pendirian museum UGM tim dipimpin oleh Dr. Daud Aris Tanudirjo, M.A. Tim saat ini tengah fokus pada penelusuran tinggalan bendawi para tokoh, sesepuh dan pendiri UGM seperti Prof. Sardjito, Ki Sarmidi Mangunsarkoro, Ki Hadjar Dewantara, Prof. Notonegoro, Prof. Dr. Ir. Herman Johannes, Prof. Dr. Koesnadi Hardjasoemantri, Prof. Ir. Hardjoso Prodjopangarso, dll.

Tim museum UGM juga mengkoleksi benda-benda yang dipakai pada awal perkuliahan yang bertempat di pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat seperti kursi dan alat-alat perkuliahan lainnya. Tim museum UGM juga menerima koleksi dari pihak alumni, keluarga para tokoh dan yang peduli dengan UGM untuk menyerahkan benda-benda berharga yang berhubungan dengan UGM ke sekretariat pembangunan awal museum di rumah dinas Bulaksumur blok D4.

Pembangunan museum UGM ini meliputi beberapa tahap, yaitu tahap persiapan awal, tahap pembukaan museum dan tahap pengembangan (Humas UGM/Satria A.N)

  • Pengawasan Terhadap Pengelola Museum Masih Sangat Lemah
  • Penandatanganan Kontrak Kerja Sama Pembangunan Rumah Sakit Akademik UGM
  • Ketika KKN di Museum
  • PRSV Masih Ancam Tanaman Pepaya
  • Wamendikbud: Banyak Museum Yang Tidak Layak
  • Harimau Sumatera dan Kepala Tanduk Rusa Tambah Koleksi Museum Biologi UGM
  • Tiga Calon Rektor Maju ke Tahap Berikutnya

~ dilihat : 406 kali ~