Peluncuran Buku Pencerahan Gülen: Gerakan Sosial Tiada Batas

Indeks Berita


Peluncuran Buku Pencerahan Gülen: Gerakan Sosial Tiada Batas

Posted by admin on 2013-03-19 15:31:41

Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (HI FISIP UI) bekerja sama dengan penerbit UI Press, Fethullah Gülen Chair,dan Euro-Asia Foundation menggelar simposium internasional dan peluncuran buku Pencerahan Gülen: Gerakan Sosial Tiada Batas karya Dr. Muhammed Çetin. Acara dilaksanakan di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI pada Jumat (08/03).

Pada acara tersebut, hadir sebagai pembahas Evi Fitriani, Ph.D. (Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional) dan Dwi Ardhanariswari, M.A., M.Phil. (Manajer Riset dan Publikasi FISIP UI). Rektor Universitas Indonesia 2007-2012, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Soemantri turut hadir untuk memberikan tanggapannya terhadap buku ini.

Buku ini membahas tentang suatu gerakan transnasional agama, sosial, dan politik yang dipimpin oleh seorang tokoh akademisi Islam terkenal di masyarakat Turki, Fethullah Gülen. Gerakan Gülen (GülenMovement) adalah sebuah gerakan bersifat damai yang pengaruhnya tidak hanya terasa di Turki, tetapi juga di dunia internasional. Berkat gerakan ini, telah berdiri lebih dari 1.000 sekolah di lebih dari 100 negara di dunia, enam buah rumah sakit umum, beberapa media cetak dan elektronik, sebuah universitas, organisasi bantuan sosial internasional, serta organisasi dialog antar agama internasional.

Gerakan ini pun sudah memiliki cabang di berbagai negara, empat cabang di antaranya di Amerika. Gerakan ini mendapat dukungan tidak hanya dari kalangan elit, namun juga dari masyarakat bawah karena gerakan ini banyak berkutat pada pelayanan sosial sehingga dapat diterima oleh akar rumput.

Dukungan tersebut tidak bisa dilepaskan dari sosok pendiri dan pemimpin di baliknya, yaitu Fethullah Gülen.Dia adalah ulama Turki terkemuka, guru, sekaligus pemimpin muslim. Buku ini bermaksud untuk mengurai apa rahasia di balik kesuksesan Gülendan gerakannya, bagaimana mereka bisa bertahan di masa politik Turki yang kurang bersahabat terhadap Islam tampil di ruang publik, serta apa yang mereka tawarkan sehingga dapat diterima dunia internasional.
Buku dengan tebal 443 halaman ini adalah satu kajian akademik terhadap gerakan Gülen yang diangkat dari disertasi Çetin. Metode kajian yang dilakukan buku ini sendiri banyak berasal dari wawancara dan studi pustaka. (WND)

~ dilihat : 337 kali ~