Parenting Education, Sarana Pembelajaran Pengasuhan Anak Usia Dini

2-3

Bandung, UPI

Departemen Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan bertajuk Parenting Education pada hari Selasa, 11 Agustus 2015 di Meeting Room Isola Resort, Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu program Pengembangan Departemen Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia.

Program berupa kegiatan Parenting Education ini sebenaranya merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran untuk orang tua yang secara rutin dilaksanakan dalam lima kali pertemuan yaitu pada tanggal 11, 14, 18, 21, dan 25 Agustus 2015.

Materi yang diajarkan dalam Parenting Education ini adalah (1) Periode & Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini, (2) Normalitas-Abnormalitas dan Common Problem pada Anak Usia Dini, (3) Observasi sebagai Teknik Mengidentifikasi perkembangan Anak Usia Dini (4) Pelatihan Praktik Pengasuhan Anak Usia Dini, (5) Pelatihan Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini.2-2

Kegiatan Parenting Education dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI dan Ketua Departemen Psikologi UPI. Pertemuan pertama kegiatan Parenting Education ini diikuti 24 peserta yang terdiri atas orangtua murid dari Kober dan TK Labschool UPI serta orangtua dari TK Bianglala. Adapun pembicara yang mengisi materi pada pertemuan pertama ini adalah Ibu Diah Zaleha Wyandini, S.Psi, M.Si., yang memaparkan materi mengenai periode perkembangan pada Anak Usia Dini berikut dengan karakteristiknya.

Dengan diselenggarakannya Parenting Education diharapkan orangtua dapat mengetahui tahapan perkembangan anak, karakteristik anak sesuai dengan periodenya, terampil menerapkan disiplin positif dan mampu memodifikasi perilaku anak sehingga terjadi keselarasan antara pendidikan di rumah maupun di sekolah serta keselarasan antara kerjasama antar orangtua (ayah-ibu). Output Parenting Education bagi departemen psikologi ialah terbentuknya layanan psikologi untuk memfasilitasi masyarakat umum (dalam hal ini orangtua) dalam bentuk pendidikan dan pelatihan pengasuhan serta terselenggaranya kegiatan yang melibatkan dosen dan alumni Departemen Psikologi UPI serta orangtua siswa secara komprehensif. (Agnia)2-1

~ dilihat : 185 kali ~