Palang Merah UPI Gelar Seminar Psychosocial Support Program

KSR-1Bandung, UPI

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Pendidikan Indonesia (KSR PMI UPI) menyelenggarakan seminar nasional Psychosocial Support Program (PSP) KSR perguruan tinggi Se-Indonesia, Senin (7/9/2015), di Gedung Ahmad Sanusi Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. KSR PMI UPI juga melakukan pelatihan nasional PSP mulai Minggu (6/9/2015) s.d. Minggu (13/9/2015) di Dormitori UPI, Kampus UPI, dan Panti-Sosial Asuhan Anak. Peserta pelatihan terdiri atas relawan dari KSR Perguruan Tinggi Se-Indonesia, sedangkan peserta seminar adalah masyarakat umum, khususnya mahasiswa.

Ketua Umum KSR PMI Unit UPI Siti Jahrotul Uyun menjelaskan, Korps Sukarela Palang Merah Indonesia unit Universitas Pendidikan Indonesia adalah UKM di lingkungan UPI yang bergerak dalam bidang kemanusiaan dan kepalangmerahan. KSR PMI Unit UPI terdiri atas para mahasiswa yang mempunyai rasa sosial dan kepedulian terhadap masyarakat serta telah mengikuti pendidikan dan latihan dasar serta pendidikan dan pelatihan lanjutan sebagai modal awal untuk menjadi penolong dan organisatoris yang siap ketika dibutuhkan.

“Bidang garapan KSR PMI Unit UPI sangat beraneka ragam dari mulai kegiatan kepalangmerahan seperti pertolongan pertama, pemberian bantuan terhadap korban bencana, pembinaan kesehatan masyarakat serta kegiatan kemanusiaan lainnya,” kata Jahrotul Uyun.KSR-2

Sebagai salah satu organisasi kepalangmerahan, kata dia, KSR PMI Unit UPI memiliki tanggung jawab melaksanakan dan mengembangkan tugas kepalangmerahan, baik di lingkungan kampus maupun lingkungan masyarakat. Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

“Sayangnya, permasalahan ini belum banyak diekspos dan belum banyak pihak ataupun instansi yang menaruh perhatian khusus terhadap pemulihan kondisi ini. Oleh karena itu, KSR PMI Unit UPI yang bergerak di bidang kemanusiaan dan kepalangmerahan tergerak untuk mengembangkan bantuan berupa dukungan psikososial sebagai salah satu program pemulihan psikis korban pasca bencana,” ujar Jahrotul Uyun.KSR-3

Kegitan ini bertujuan untuk membantu PMI dalam usaha peningkatan keterampilan serta wawasan relawan KSR perguruan tinggi khususnya dalam program dukungan psikososial, ujar Jahrotul Uyun. Di samping itu, acara ini juga dimaksudkan untuk membentuk generasi yang berkualitas dan produktif dalam menunjang penanggulangan bencana melalui dukungan psikososial.

“Kita berupaya meningkatkan kerja sama dan silaturahmi serta rasa persatuan dan kesatuan antar anggota KSR PerguruanTinggi Se-Indonesia. Maka kita mencoba membentuk relawan intelektual dalam hal dukungan psikososial,” ujar Jahrotul Uyun. (WAS)

~ dilihat : 121 kali ~