Nuansa ilmiah UPI Kampus Tasikmalaya Semakin Hidup Dengan Membaca Buku

DSCF6368

Tasikmalaya, UPI

Kehadiran mahasiswa baru begitu terasa di sekitar lingkungan UPI Kampus Tasikmaya. Mahasiswa yang berjumlah 245 orang, sudah tercatat sebagai mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya angkatan tahun 2013 ini telah mampu menyemarakan UPI Kampus Tasikmalaya menjadi lebih hidup dengan ikutsertanya mereka dalam kegiatan masa orientasi. Antusiasme mahasiswa baru  disambut baik oleh panitia pelaksana kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKAKU) 2013, karena segenap panitia ini telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang akan membentuk para mahasiswa baru ini menjadi lebih dekat dengan almamater.

Kegiatan MOKAKU 2013 yang dilaksanakan dari mulai tanggal 27-30 Agustus 2013 bertujuan untuk membiasakan para calon agent of change ini untuk mengenal kampus dan suasana pendidikan sesuai dengan tema MOKAKU “Pendidikan untuk Merangkai Indonesia”. Selain mengenalkan lebih jauh mengenai UPI KAmpus Tasikmalaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan citra diri mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang religius, ilmiah dan edukatif.

DSCF6373Kegiatan yang sudah berlangsung selama dua hari ini diharapkan dapat memiliki kesan tersendiri juga membuahkan manfaat baik untuk mahasiswa baru juga panitia pelaksanaana kegiatan tersebut. Ujar seksi acara  MOKAKU 2013.

Kepanitiaan yang berjumlah 86 orang ini sudah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan MOKAKU sudah sejak satu bulan yang lalu. Sebuah kebanggaan yang luar biasa ketika acara ini berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ada sebuah pemandangan yang menarik, disela-sela kegaiatan MOKAKU  2013 nampak panitia yang memanfaatkan waktu luangnya dengan membaca buku. Mereka memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh salah satu program asistensi mata kulaih PAI dan salah satu UKM yang ada di UPI Kampus Tasikmalaya yakni Program Tutorial dan UKM Aksara. Jika Program Tutorial menamai fasilitas tersebut dengan mana “Taman Relaksasi”, berbeda dengan UKM AKSARA yang menamainya “Stand Baca”. Taman relaksasi dan stand baca ini menyediakan fasilitas berupa buku-buku bacaan yang bisa dipinjam ditempat tersebut  atau sekitar UPI Kampus Tasikmalaya. Selain itu juga Program Tutorial telah menyediakan teh gratis dengan jumlah terbatas yang dibagikan dengan cuma-cuma untuk menghilangkan dahaga. Euphoria penyambutan mahasiswa baru tersebut disikapi sangat positif oleh panitia. Nyatanya selama ada waktu luang disela-sela kegiatan panitia nampak asik membaca buku yang tersedia. Nuansa ilmiah UPI Kampus Tasikmlaya semakin dihidupkan oleh mahasiswanya.

DSCF6374Bukan hanya panitia yang menyambut baik fasilitas baca buku ini, para mahasiswa baru atau peserta MOKAKU pun ditengah-tengah waktu istirahat menyempatkan diri untuk membaca atau sekedar melihat-lihat. Mudah-mudahan dengan adanya kebiasaan baru, meluangkan waktu senggang untuk membaca ini, mampu membawa UPI Kampus Tasikmalaya menjadi Kampus yang benar-benar maju dan berkualitas. (Deny)

~ dilihat : 396 kali ~