MUNAS II IKATAN ALUMNI PASCASARJANA UNJ 2013

Humas UNJ, 16/03/2013. Bertempat di gedung Pusat Studi dan Sertifikasi Guru Lantai 9 UNJ, Sabtu, 16 Maret 2013, telah berlangsung Musyawarah Nasional II Ikatan Alumni Pascasarjana UNJ (MUNAS II IKACANA UNJ). Dengan tema “Penguatan Organisasi melalui Pembangunan Jejaring Alumni” Munas II IKACANA UNJ ini akan:

  1. Merumuskan dan menetapkan perubahan AD/ART IKACANA UNJ
  2. Merunuskan dan menetapkan GBPK IKACANA UNJ
  3. Merumuskan dan menetapkan rekomendasi untuk pelaksanaan program IKACANA UNJ
  4. Memilih dan menetapkan formatur dan menyusun kepengurusan IKACANA UNJ
  5. Membuat ketetapan dan keputusan lain yang dianggap perlu

Kegiatan ini diikuti pengurus pusat dan 23 pengurus daerah, peninjau dari alumni yg diundang, dan undangan lainnya. MUNAS II mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus 2009-2013, membahas penunjukkan formatur oleh ketua umum IKACANA periode 2009-2013 (Formatur tersebut memilih ketua, sekretaris dan bendahara) dan serah terima kepengurusan.

Di awal acara Ketua Umum IKACANA UNJ, Dr. Erman Suparno, menegaskan kembali bahwa IKACANA UNJ memiliki Trilogi sebagai moto kerja. Trilogi tersebut “satu rasa memiliki, satu rasa kebersamaan, dan satu rasa bertanggungjawab”. Dengan trilogi ini diharapkan ikatan alumni semakin kokoh dan mampu bekerjasama dan berkiprah di ajang nasional maupun internasional. Sedangkan Prof. Dr. Jaali (Direktur PPs UNJ) menyampaikan bahwa Munas ini sebagai ajang silaturahmi nasional untuk bersama-sama bersinergi dalam mengamalkan ilmu. Untuk mengamalkan ilmu perlu sinergi antar alumni.

Rektor UNJ, Prof. Dr. Bedjo Sujanto, mengharapkan sesering mungkin diadakan pertemuan antar alumni selain munas, seperti seminar atau lokakarya. Pertemuan ini sangat penting untuk membahas masalah-masalah pendidikan dan masalah-masalah krusial lainnya yang menjadi masalah nasional. Di sisi lain para alumni juga mampu menjadi teladan (ing ngarso sung tulodo) dan memberikan dorongan (tut wuri handayani) bagi mahasiswa yang belum lulus. Seperti yang diamanatkan Ki Hajar Dewantara.

Sebelum sidang pleno dimulai, terlebih dahulu diadakan diskusi tentang manajemen sumber daya manusia dan tantangannya. Dr. Erman Suparno dan Dr. Mahmudin Yasin menjadi pembicara dan dimoderatori Dr. Sundari Sukoco, selama kurang lebih 1 jam.

Setelah  persidangan maka MUNAS II ini menetapkan Tim Formatur sebagai berikut: Direktur PPs (Pembina), Dr.Ir. Erman Suparno (Ketum Lama), Dr. Bambang Sujagad, MM (pengurus lama), Dr. Kamaruzzaman Onaning (pengurus lama), Dr. Moh Alifuddin (perwakilan pengurus wilayah Tengah), Dr. Basmi Hasbullah, MPd (wakil wilayah Timur), Dr. Eddy Sutrisno, MPd (wakil wilayah Barat).

Sedangkan hasil perumusan tim formatur SUSUNAN PENGURUS IAKACANA UNJ PERIODE 2013-2017 sebagai berikut:

Dewan penasehat : Rektor UNJ

Dewan Pembina : Direktur dan Asdir II PPs UNJ

Dewan Pertimbangan : Dr. Ir. Erman Suparno, Dr. Fahmi Idris, SE, MM, MH, Dr. Abdul Hadi Jamal

Ketua Umum : Dr. Bambang Sujagad, MM

Wakil Ketua Umum I : Dr. Mahmudin Yasin, MBA

Wakil Ketua Umum II : Dr. Andi Nurpati

Sekretaris jendral : Dr. Basuki Ranto, MM

Bendahara : Dr. Kamaruzzaman Onaning

Share this

~ dilihat : 391 kali ~