MOKAKU Gerbang Awal Memasuki Dunia Kampus

mokaku tasikmalaya

Tasikmalaya, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia menggelar upacara peresmian mahasiswa baru yang diberi nama kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum MOKAKU 2013, Selasa hingga Jumat, (27-30/8/2013).

Tak hanya di kampus pusat, upacara peresmian mahasiswa baru tersebut serentak dilaksanakan di UPI Kampus Daerah, termasuk UPI Kampus Tasikmalaya. Untuk penyelenggaraan kegiatan MOKAKU 2013 di UPI Kampus Tasikmalaya, peserta yang mengikuti MOKAKU  sebanyak 247 peserta dari 2 prodi, yaitu PGSD dan PGPAUD, dan dibentuk 7 sektor yang setiap sektornya terdiri dari 35-36 orang.

Pukul 05.00 para panitia dan tim pengendali telah mulai berdatangan ke kampus, karena sesuai kontrak pukul 05.30 harus sudah di kampus. Sedangkan untuk MABA pukul. 06.00. Pukul. 06.30 tim keamanan mulai mengecek perlengkapan peserta dari mulai pakaian, atribut, serta persyaratan MOKAKU yang harus mereka bawa. Ada beberapa peserta yang belum memenuhi persyaratan MOKAKU yang telah ditentukan dan kemudian diberi pengarahan oleh tim keamanan.

Selanjutnya para MABA memasuki 7 kelas yang berbeda untuk mengikuti kulltum, membaca Al-quran bersama serta melaksanakan pre-test yang dibimbing oleh mentor masing-masing.

Acara pembukaan secara resmi MOKA-KU UPI Tasikmalaya 2013 dilakukan oleh Direktur UPI Kampus Tasikmalaya, Prof. Dr. H. Cece Rahmat, M. Pd. Acara pembukaan diikuti oleh seluruh dosen serta tenaga administrasi. Dalam acara pembukaan ini, Drs. Yusuf Suryana, M.Pd., membacakan sambutan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia. Acara dilanjutkan dengan memperkenalkan seluruh staf dosen serta tenaga administrasi yang dipandu oleh Asep Sumiarsa, SE.

Para peserta disuguhi materi “Selayang Pandang UPI Tasikmalaya” yang disampaikan oleh Dadan Nugraha, M.Pd., Selanjutnya, Prof. Dr. H. Cece Rahmat, M.Pd., menyampaikan Kuliah Umum  tentang “UPI dalam Perspektif Pembaharuan, Pedoman Perilaku, dan Citra Diri Mahasiswa”.

Setelah Ishoma dan Ice Breaking, para peserta disuguhi materi tentang “4 Pilar: Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika” yang dalam pelaksanaannya peserta dibagi kedalam tiga kelompok ruangan secara terpisah. akhirnya materi terakhir pun disampaikan mengenai prestasi Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya yang mengundang empat orang mahasiswa berprestasi yakni saudara Sani Aryanto, Pidi Muhamad Setiadi, , Tendi Darisman,  dan saudari Eli Nurlela Andriani. sangat menarik sekali dimana para pemateri memberi kiat-kiat serta informasi mengenai Prestasi Mahasiswa dan kiat lolos PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa).

Di akhir acara, peserta dikondisikan kembali untuk melaksanakan apel dilapangan,  sebagai penutup hari pertama MOKAKU, para peserta diberikan oleh-oleh dari para panitia untuk hari esok agar makin semangat mengikuti moka (Persyaratan hari kedua MOKAKU).

Pada hari pertama MOKAKU ini, kegiatan lebih difokuskan kepada pengenalan kelembagaan kampus sebagai gerbang awal mahasiswa baru memasuki dunia kampus. MOKAKU UPI 2013….. GET EDUCATION! UP….. KEEP SMILE ….HIDUP MAHASISWA ! ( KOMINFO BEM REMA UPI Tasikmalaya)

~ dilihat : 450 kali ~