Menwa UPI Ambil Peran dalam Pelatihan Teknis Lapangan Mokaku 2016

1Bandung, UPI

Resimen Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Panitia Teknis Lapangan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Teklap Mokaku), Sabtu (30/7/2016),  di kampus UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Pelatihan ini diikuti 82 orang panitia teklap Mokaku dengan pelatihnya sendiri terdiri atas tiga orang anggota Menwa UPI, yaitu Aris Rismansah (Kepala Staf Intelijen dan Pengamanan – PKn 2014), Anjar Nugraha (Kepala Urusan Pengamanan – Teknik Mesin 2015) dan Adi Sapta Hidayatullah (Anggota Staf Logistik-Teknik Elektro 2015).

Komandan Menwa Batalyon XI/UPI, Urai Ramadhani berpendapat bahwa pelatihan ini sangat penting untuk diikuti oleh para panitia teklap Mokaku karena dalam mengoondisikan ribuan orang bukanlah suatu hal yang mudah, butuh proses untuk terbiasa dengan situasi yang akan dihadapi nantinya ketika menyambut para mahasiswa baru agar mereka melihat dan mengakui bahwa seluruh panitia Mokaku sangat profesional ketika mengoondisikan para mahasiswa baru itu sendiri.

“Saya selaku pimpinanmengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya pihak UPI yang memberikan kepercayaan kepada kami (Menwa UPI) untuk membina para mahasiswa dalam hal ini. Mudah-mudahan kedepannya pelatihan ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa yang menjadi panitia teklap Mokaku saja, namun saya rasa pelatihan ini mesti diikuti oleh seluruh mahasiswa karena kita sebagai mahasiswa UPI, yang nantinya akan menjadi tenaga pendidik harus mampu mengendalikan siswa sebagai peserta didik,” ujar Urai.2

Pelatihan teklap Mokaku kali ini dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali dengan pemberian materi mengenai Psikologi Masa oleh Ilham Fauzi, S.Pd. (PKn 2012). Tidak hanya diajarkan bagaimana cara mengatur banyak orang, tetapi peserta pun diajarkan bagaimana cara mengendalikan emosi orang lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terakhir, seluruh pelatih dan peserta pelatihan teklap Mokaku melakukan simulasi kegiatan teknis di lapangan itu sendiri agar Mokaku UPI 2016 berjalan dengan aman serta tidak terjadi cekcok antara panitia dan mahasiswa baru. Para panitia di bagian teklap ini sangat berpengaruh selama kegiatan Mokaku berlangsung karena mereka merupakan inti ketika penempatan posisi seluruh mahasiswa baru dalam menjaga ketertiban agar Mokaku tersebut berjalan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

“Tentu saja ada kendala tersendiri ketika pelaksanaan kegiatan pelatihan teklap Mokaku ini, diantaranya para peserta pelatihan yang tidak datang tepat waktu serta terdapat beberapa peserta yang tidak bisa mengikuti pelatihan teklap ini. Namun sebagai pelatih, besar harapan kami agar seluruh panitia teklap Mokaku dapat memahami semua hal yang kami berikan selama pelatihan dan juga ketika kegiatan Mokaku berlangsung mereka mampu mempraktikkan apa-apa yang sudah mereka dapatkan,” jelas Komandan Latihan Teklap Mokaku 2016, Aris Rismansah.

Pelatihan teklap Mokaku bertujuan untuk mempersiapkan para panitia Mokaku agar dapatmenyambut, mengarahkan serta mengkondisikan seluruh mahasiswa baruselama kegiatan Mokaku berlangsung. (‘Azmi/Kaurmin Yon XI/UPI)4

~ dilihat : 35 kali ~