Menteri Ketenagakerjaan Buka UI Career & Scholarship Expo ke-15

cdcKamis (26/02/2015), Menteri Ketenagakerjaan RI Hanif Dhakiri membuka UI Career & Scholarship Expo XIX. Bertempat di Balairung UI, bersama Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Hanif turut memantau penyelenggaraan bursa kerja yang telah diselenggarakan UI secara rutin tersebut.

Hanif menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini sebagai salah satu upaya menjembatani kebutuhan para pencari kerja dengan pengguna kerja. Hanif mengatakan, saat ini kesempatan kerja jumlahnya masih terbatas. Pada 2014, lapangan kerja tumbuh sebesar dua persen, sementara pertumbuhan angkatan kerja sebesar 1,7 persen.

Sementara itu, lanjutnya, berdasarkan data BPS pada Agustus 2014, angkatan kerja lulusan perguruan tinggi jumlahnya sebesar 9,79 persen. Jumlah tersebut masih tergolong rendah dibandingkan angkatan kerja yang berpendidikan SD ke bawah yang jumlahnya sebesar 47,07 persen, atau dengan angkatan kerja lulusan SMP sebesar 17,75 persen.

“Kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan para pencari kerja dengan pengguna kerja, sekaligus membuka peluang-peluang untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia atau para pencari kerja untuk memasuki dunia kerja,” kata Hanif.

UI Career & Scholarship Expo XIX 2015 digelar selama tiga hari yaitu pada 26—28 Februari 2015. Kali ini bursa kerja diikuti oleh 76 perusahaan, serta 11 lembaga pendonor beasiswa. Pada hari pertama penyelenggaraannya, bursa kerja ini dibanjiri oleh ribuan pengunjung yang baik lulusan UI maupun lulusan perguruan tinggi lain. (KHN)