Menristek-Dikti Resmikan Mochtar Riady Plaza Quantum UI

mrpqSelasa (10/3/2015), Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. bersama dengan Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. dan Dr. Mochtar Riady meresmikan Gedung Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ). Gedung yang ditujukan untuk kepentingan riset tersebut berlokasi di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik UI.

Dalam sambutannya, Mohammad Nasir berharap gedung MPRQ dapat mendorong dosen-dosen di UI melakukan riset yang lebih baik. “Semoga dapat mendorong para dosen menghasilkan prototype dan bisa menghasilkan produk inovasi,” ucap Nasir.

Gedung MRPQ dirancang oleh Yori Antar, seorang arsitek yang merupakan alumni Departemen Arsitektur FTUI. Gedung MRPQ didirikan di atas lahan seluas 1.900 meter persegi dengan luas bangunan kurang lebih 3.000 meter persegi. Terdiri dari lima lantai, gedung yang dirancang sebagai wadah bagi pembelajaran teknologi nano ini terdiri atas laboratorium riset, ruang kerja sama riset, dan ruang pertemuan.

Fasilitas ini diharapkan dapat mendorong UI menjadi pusat riset unggulan di bidang nanoteknologi. Selain itu, diharapkan kontribusi riset di bidang Nano Device terus meningkat dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. (Humas UI)