Menikmati Pantai Ranca Buaya yang Mempesona

Garut, UPI

Pantai Ranca Buaya dilihat dari Puncak Gua.Pantai Ranca Buaya dilihat dari Puncak Gua.

Kabupaten Garut selalu menyimpan pesona pantai yang indah salah satunya adalah Pantai Ranca Buaya. Pantainya indah dengan gelombang tinggi sangat sangat impresif. Namun karena ada semenanjung, sejumlah pantainya memiliki gelombang yang kecil sehingga nyaman untuk bermain bagi anak-anak.

Ditunjang dengan penginapan yang jumlahnya cukup banyak dengan harga yang relatif murah dapat terjangkau oleh wisatawan kelas menengah. Bahkan, kelas pelajar atau mahasiswa pun mampu menjangkau harga penginapan yang bisa ditawar dengan penuh persaudaraan.

Selain mengunjungi Ranca Buaya, wisatawan juga bisa berpetualang ke berbagai tempat wisata lain di sekitar Ranca Buaya, seperti Pantai Santolo, Sanghyang Helang, atau bisa menuju ke arah Barat hingga Pantai Jayanti di Garut Selatan.

Meggy anggota Menwa Yon XI UPI di Puncak Gua Pantai Ranca Buaya Kec. Caringin kab. Garut.Meggy anggota Menwa Yon XI UPI di Puncak Gua Pantai Ranca Buaya Kec. Caringin kab. Garut.

Pantai Ranca Buaya terletak di Garut Selatan, termasuk Kecamatan Caringin. Dari UPI dapat ditempuh dalam waktu lima jam dengan kecepatan rata-rata 40 Km/jam. Tapi kalau ditempuh dengan kecepatan yang lebih santai bisa mencapai 5 sampai 6 jam.

Perjalanan dari UPI dilewati melewati jalur Pengalengan. Jalur Pangalengan cukup efektif untuk mengunjungi Ranca Buaya, karena waktunya lebih cepat. Tidak ada kemacetan yang berarti kecuali saat melewati Kota Bandung. Jalannya pun mulus walaupun sempit.

Sepanjang perjalanan menuju ke Ranca Buaya kita melewati kebun teh di kawasan Perkebunan Cukul. Pemandangannya sangat indah dan mempesona. Kita sesekali melewati perdesaan yang indah dan dengan tikungan, dan turunan yang menantang.

Pemandangan Ranca Buaya juga sangat mempesona. Semua penat perjalanan dapat sirna saat kita sampai lokasi. Ranca Buaya adalah salah satu pantai favorit saya. Saya melihat di TV ternyata lebih indah yang aslinya terutama yang menarik bagi saya adalah puncak gua. Mahasiswa UPI yang senang berjalan-jalan, hayuuu… sekali-sekali ke Ranca Buaya pasti ketagihan. (Meggy Menwa, anggota Menwa Yon XI UPI Staf Teritorial)

~ dilihat : 246 kali ~