Mengenakan Toga Baru, Mokaku UPI Kampus Serang Semarak

1-1Serang, UPI

“Dosen kita keren ya ketika menggunakan toga universitas, terlihat gagah dan elegan. Tidak kalah dengan kita yang menggunakan seragam,” demikian komentar salah satu mahasiswa senior UPI Kampus Serang. Komentar yang diungkapkan oleh mahasiswa senior UPI Kampus Serang mengenai penampilan para dosen yang tampak gagah dan cantik, serta sedap dipandang mata merupakan hal yang luar biasa. Pasalnya pada acara pembukaan dan penutupan Mokaku 2015 para dosen mengenakan toga agung universitas.

1-2Sebelum memasuki tempat prosesi seluruh civitas akdemika UPI Kampus Serang mulai dari Direktur dan Wakil Direktur, para dosen dan staf TU terlebih dahulu berbaris rapih dari Gedung Utama menuju Aula Timur UPI Kampus Serang. Setelah pembawa acara mengundang untuk memasuki tempat prosesi, mereka berjalan dengan anggunnya diiringi mahasiswa baru yang menyanyikan lagu Hymne Guru dan Hymne UPI . Suasana terasa begitu syahdu, khidmat dan memberikan nilai tambah tersendiri, betapa besar nilai agung dan sakralnya prosesi universitas. Pengabdian dosen sedang dinantikan oleh jiwa-jiwa suci generasi bangsa, mahasiswa baru UPI Kampus Serang.

“Mokaku 2015 berjalan dengan baik, prosesi juga diikuti oleh para dosen dengan menggunakan toga, tampak ada kebersamaan dan kekompakan,” Kata Wakil Direktur UPI Kampus Serang Dr. Encep Supriatna, M. Pd. Selain mengesankan adanya kebersamaan, kekompakan tampak pula kegembiraan yang dipancarkan oleh para dosen, namun tidak mengurangi kesakralan dari prosesi tersebut. Prosesi penyambutan mahasiswa baru merupakan acara yang sering dilaksanakan oleh instansi pendidikan sebagai bukti mereka telah diterima secara resmi di universitas.1-3

Beberapa dosen juga mengungkapkan pemakaian toga universitas mengesankan bahwa acara yang sedang berlangsung merupakan acara resmi sehingga suasana khidmat harus senantiasa diciptakan dan memberikan kesan yang baik pula kepada mahasiswa baru. “ Penerimaan mahasiswa baru ada kemajuan dengan adanya prosesi univeristas, para dosen mengenakan toga sehingga suasana menjadi khidmat dan tertib, serta sangat akademik, pokoknya bagus untuk terus dilanjutkan dan ditingkatkan acaranya,” Kata dosen Dra. Hj Nuraini, M.Pd. Pemandangan unik yang dihadirkan oleh para Dosen UPI Kampus dalam acara tersebut ternyata juga memikat dan memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa baru. “Saya sangat terkesima saat pertama kali para dosen memasuki aula dengan menggunakan toga,” kata Nindi, salah satu mahasiswi baru UPI Kampus Serang. Nindi mengungkapkan kekagumannya melihat penampilan dosen UPI Kampus Serang, karena sebelumnya dia memperkirakan bahwa para dosen akan berpenampilan bebas dengan menggunakan pakaian biasa saja, tetapi kenyataanya para dosen menggunakan toga yang biasanya sering dikenakan pada saat acara wisuda.

Terima kasih pada Universitas Pendidikan Indonesia yang sudah memikirkan pengadaan toga, ternyata hal ini menambah suasana Mokaku 2015 menjadi meriah dan semarak. Seusai acara banyak teman mahasiswa dan dosen yang ber-selfie-ria, dan langsung mempublish foto di media sosial sehingga jagat dunia maya serta merta penuh dengan pengungahan foto selfie. Semua tampak ceria dan gembira ria. Selain dosen, ternyata mahasiswa baru UPI Kampus Serang juga memberikan keunikan tersendiri mereka menyisihkan sebagian rizki untuk diberikan kepada yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, dalam bentuk Bakti Sosial yang disambut penuh suka cita oleh masyarakat sekitar. Terima kasih UPI (Elis, Arini, dan Rosnah/ mahasiswi UPI Kampus Serang)

~ dilihat : 147 kali ~