Mengapa Lebih Enak Pakai Uang Elektronik?

Indeks Berita


Mengapa Lebih Enak Pakai Uang Elektronik?

Posted by humas-ui on 2013-09-17 08:44:03

Sering merasa repot dengan membawa uang receh? Atau sering sulit dapat uang kembalian?

Bank Indonesia lewat program Less Cash Society berupaya mengurangi penggunaan uang tunai dan menggantinya dengan uang nontunai atau yang dalam hal ini disebut sebagai uang elektronik. Program ini untuk pertama kalinya akan dicobakan di UI pada 17 September sampai 4 Oktober. Uji coba akan berlangsung di Kantin Prima PAU, Kantin FKM, dan Kantin FISIP.

 

Lantas, apa itu uang elektronik? Uang elektronik adalah alat pembayaran pengganti uang tunai berbentuk sebuah kartu. Sebelum digunakan, kartu tersebut diisi terlebih dahulu dengan sejumlah uang yang kemudian dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Besarnya uang yang diisi ke dalam kartu bergantung pada pemilik kartu dan besaran maksimal isi ulang tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Akan tetapi perlu diingat, uang elektronik ini bukan bersifat simpanan atau tabungan.

Apakah uang elektronik ini aman? Selain dapat mengurangi penggunaan uang tunai dan mempercepat proses transaksi, uang elektronik ini juga memiliki sejumlah keuntungan dari segi keamanan. Penggunaan uang elektronik dapat mencegah upaya pemalsuan uang dan kejahatan lainnya. Uang elektronik juga dapat mengurangi biaya uang tunai seperti pencetakan sekaligus meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian (velocity of money). (KHN)

 

~ dilihat : 238 kali ~