Mencapai Prestasi Internasional, Prodi Ikor UPI Kunjungi Tiongkok

1-1Tiongkok, UPI

Dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan (IKOR) melakukan kunjungan ke Beijing Sport University (BSU), 25-29 Oktober 2015. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Prodi Ilmu Keolahragaan dalam meningkatkan dan mengembangkan keolahragaan Indonesia terutama penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna.

Tiongkok merupakan salah satu negara terdepan yang memperhatikan pembinaan prestasi olah raga sehingga mampu bersaing dengan negara adidaya seperti Amerika dan Rusia. Keberhasilan Tiongkok dalam merebut juara umum Olimpiade 2008 membuktikan bahwa negara tersebut tidak hanya kuat dari bidang ekonomi dan militer akan membuat sejarah negara Asia menjadi super power dalam bidang olah raga.

Beijing Sport University (BSU) merupakan perguruan tinggi yang berkontribusi besar terhadap perkembangan keolahragaan di Tiongkok. Pada Olimpic Games tahun 2008, prestasi altet dari BSU menyumbangkan 12 Emas, 7 Perak dan 4 Perunggu. Ini merupakan hal yang membanggakan ketika sebuah universitas olah raga memiliki posisi strategis dalam memberikan kontribusi terhadap prestasi internasional.1-2

BSU merupakan salah satu universitas yang memiliki sport science laboratory center yang terlengkap dan tercanggih di dunia. Implementasi berbagai disiplin ilmu olah raga, seperti sport physiology, sport biomechanics, sport nutrition, human movement, coaching science, physical conditioning, training science dan lain-lainnya berintegrasi dengan laboratorium ini.

Kunjungan Prodi Ilmu Keolahragaan ke Beijing Sport University selain menambah wawasan, juga memperkaya pengalaman tentang kontribusi universitas dalam membantu peningkatan prestasi internasional, selain itu pelatihan dan simulasi beberapa alat diperaktikan. IKOR sebagai prodi non-kependidikan diharapkan dapat memberikan dukungan nyata untuk kemajuan prestasi olahraga nasional. Kunjungan yang dilakukan dapat membuat Prodi Ilmu Keolahragaan unggul dan terdepan ditingkat ASEAN bahkan internasional. (Niluh Ketut Nita P)1-3

~ dilihat : 112 kali ~