Melalui CHSC, Mahasiswa Diharapkan Berpikir Kritis

hmch 1

Bandung, UPI

Dalam rangka proses kaderisasi tahap awal untuk mahasiswa baru di Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan – FPIPS UPI, Himpunan Mahasiswa Civics Hukum (HMCH) gelar kegiatan Civics Hukum Smart Camp (CHSC) 2013 yang diselenggarakan di Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey Kabupaten Bandung pada hari Sabtu s.d. Minggu (26 s.d. 27 Oktober 2013).

CHSC merupakan rangkaian pengkaderan yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru baru Jurusan PKn untuk dinyatakan sebagai warga Himpunan Mahasiswa Civics Hukum. Adapun kegiatan CHSC tahun ini mengambil tema “Menumbuhkembangkan Karakter Kader yang Berdedikasi dan Loyal Terhadap HMCH” yang bertujuan agar mahasiswa baru PKn dapat mengenal keorganisasian HMCH, memiliki karakter positif yang kuat seperti kerjasama, kekompakan, Tanggungjawab, dan memiliki mental yang kuat dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada.

Rombongan panitia dan peserta dilepas oleh pihak Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS UPI dalam upacara pembukaan yang dilakukan di halaman University Center (UC) pada Sabtu pagi untuk kemudian diberangkatkan ke lokasi kegiatan di wilayah Ciwidey tersebut.

hmch 2Adapun dalam kegiatan yang diketuai oleh Beben Muhammad Bachtiar selaku Ketua  Bidang Organisasi BEM HMCH ini, mahasiswa baru yang telah menghadapi rangkaian persiapan CHSC seperti Mentoring rutin, Mengisi Buku Perkenalan dengan seniornya, dan lain sebagainya ini ketika CHSC di Rancaupas diharuskan melewati pos demi pos yang berisikan pengurus BEM HMCH berikut Pengurus Unit Khusus. Terdapat 10 Pos yang melibatkan seluruh unsur keluarga besar HMCH, BEM, DPM, UUK, dan Senior, setiap pos memiliki materi yang dapat disampaikan melalui game ataupun pemaparan materi.

Kegiatan CHSC 2013 ini diharapkan mampu membuat mahasiswa baru PKn 2013 dapat berpikir kritis, memiliki karakter dan mental yang kuat serta menumbuhkan sense of belonging terhadap Himpunan Mahasiswa Civics Hukum. Setiap rangkaian kegiatan CHSC ini memiliki esensi masing-masing dan bermakna bagi kehidupan mahasiswa baru kelak dalam menjalankan kesehariannya sebagai Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan. Selamat Bergabung Bersama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Civics Hukum. (Dudih Sutrisman/UPP HMCH)

~ dilihat : 329 kali ~