Mekanisme-Mekanisme Keringanan Biaya Pendidikan di UI

Indeks Berita


Mekanisme-Mekanisme Keringanan Biaya Pendidikan di UI

Posted by humas-ui on 2013-08-02 11:09:53

Informasi tentang sistem pembayaran biaya pendidikan merupakan informasi yang penting diketahui oleh setiap mahasiswa baru, terutama informasi tentang mekanisme keringanan biaya yang dapat diambil. Untuk sistem pembayaran, Universitas Indonesia (UI) mempunyai tiga pilihan mekanisme pembayaran, yaitu pilihan membayar penuh, membayar dengan cicilan, dan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). Batas pembayaran biaya pendidikan untuk mahasiswa lama adalah 15 Agustus 2013, sedangkan untuk mahasiswa baru tanggal 25 Agustus 2013. Pengumuman hasil pengajuan banding untuk BOP-B diumumkan pada Jumat, 2 Agustus 2013. Namun bagi mahasiswa yang kurang puas dengan hasil pengajuan banding ini, jangan khawatir, karena selain BOP-B, terdapat juga mekanisme-mekanisme lain di UI yang memungkinkan terbantunya biaya pendidikan mahasiswa selama berkuliah di UI.

BOP-B sendiri merupakan suatu mekanisme untuk program S1 reguler yang memungkinkan mahasiswa membayar uang perkuliahan sesuai dengan kemampuan keluarganya masing-masing. Pilihan membayar dengan cicilan juga merupakan suatu mekanisme untuk meringankan mahasiswa dalam masalah biaya kuliah. “Ya, sebenarnya untuk meringankan biaya kuliah, di UI ada 3 mekanisme, yaitu BOP-B, beasiswa-beasiswa yang tersebar di UI, dan mekanisme cicilan,” tutur Rahman Ramadhan dari Direktorat Kemahasiswaan. Yang perlu diketahui, UI sendiri sejak tahun 2013 membebaskan semua calon mahasiswanya dari Uang Pangkal (UP), yaitu biaya yang harus dibayarkan mahasiswa ketika pertama kali memasuki UI.

BOP-Berkeadilan hanya dapat diajukan di awal masuk saat menjadi mahasiswa baru S1 reguler UI. Ajukan BOP-B di awal untuk menyesuaikan besaran biaya kuliah sesuai dengan kemampuan orang tua/penanggung biaya. Tata cara untuk mengajukan BOP-B pun cukup mudah, yaitu:

1. Membuka laman resmi penerimaan UI di penerimaan.ui.ac.id dan memasukkan nomor ujian di halaman muka yang tersedia,
2. Di halaman berikutnya, setelah melihat hasil pengumuman, bila memang diterima di UI, mahasiswa baru dapat log in dengan password pendaftaran. Lalu lakukan konfirmasi ulang.
3. Di halaman skema pembayaran yang muncul, di menu “Pilihan Cara Pembayaran” akan muncul tiga pilihan mekanisme bayar: Membayar Penuh, Membayar Cicil, dan BOP-B. Pilih BOP-B bila memang ingin mengajukan, atau cicilan bila memang ingin mencicil. Pilihan BOP-B dan cicilan hanya berlaku bagi calon mahasiswa S1 Reguler.
• Bila memilih mekanisme membayar penuh dan cicilan, maka di menu “Tagihan B.P.” akan muncul tabel nominal biaya pendidikan yang akan dibayarkan
• Bila memilih mekanisme BOP-B, maka akan muncul menu “Formulir BOP-B” yang harus dilengkapi secara online, setelah itu mahasiswa baru diharuskan mengunduh formulir BOP-B [i]offline[/i] di bagian “Skema Pembayaran B.P”. Jadi akan ada dua formulir yang harus diisi yaitu: formulir secara online, dan formulir secara offline yang harus dikirim (bagi maba di luar kota) atau diantar langsung ke Direktorat Kemahasiswaan di kampus UI Depok.
4. Jangan lupa untuk kembali ke halaman muka, dan melihat kembali menu “Hasil Seleksi” untuk mencatat tanggal-tanggal penting registrasi dan pembayaran bagi mahasiswa baru.
5. Tunggu hasil pengumuman kisaran biaya sesuai dengan tanggal yang ada di halaman pengumuman penerimaan. Jika sudah ada hasilnya, maka lakukan pembayaran di bank sesuai dengan tata cara yang dijelaskan di laman penerimaan.

Yang harus diperhatikan dalam tata cara pengajuan BOP-B ini adalah masalah formulir. Formulir yang telah diunduh harus diisi dengan benar, dilengkapi dengan berkas pendukung, dan dimasukkan ke dalam amplop yang telah ditempelkan label kelengkapan berkas yang bisa diunduh di laman penerimaan. Kelengkapan formulir BOP-B, baik online maupun offline ditunggu sampai tanggal 24 Juli 2013. Pengumuman untuk hasil BOP-B adalah Jumat, 26 Juli 2013 pada pukul 15.00 WIB. Pengumuman akan diumumkan melalui laman penerimaan UI.

Untuk yang memilih mekanisme cicilan, setelah memilih pilihan untuk membayar cicilan di laman penerimaan, maka mahasiswa baru bisa langsung membayar cicilan pertama melalui bank. Pembayaran cicilan pertama mulai dilakukan dari tanggal 1-23 Juli sebesar 50% dari jumlah biaya BOP yang dibayarkan, untuk cicilan kedua dilakukan pada tanggal 1-25 Agustus dengan membayar 30% dari BOP, dan cicilan ketiga dilakukan pada tanggal 1-25 September dengan membayar 20% sisa BOP yang belum dibayarkan.

Mekanisme keringanan ketiga, yaitu beasiswa. Ada berbagai macam beasiswa tersedia bagi mahasiswa UI, terutama untuk mahasiswa baru S1 Reguler dan Vokasi. Untuk Vokasi sendiri tersedia beasiswa PPA MABA yang mempunyai batas tanggal pengumpulan berkas sampai 21 Agustus 2013. Untuk mahasiswa S1 reguler, banyak sekali pilihan beasiswa yang tersedia, umumnya berasal dari lembaga-lembaga sponsor seperti Beasiswa Bidik Misi dari Dikti sampai tanggal 16 Agustus 2013, Beasiswa CIMB Niaga sampai tanggal 23 Agustus 2013 dan lain-lain. Yang perlu dipahami adalah mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan serta memahami dan menjalani setiap proses atau langkah yang telah ditentukan karena tiap beasiswa mempunyai persyaratan yang berbeda-beda. Biasanya info ini bisa diakses melalui manajer kemahasiswaan dan alumni (mahalum) masing-masing fakultas, ataupun melalui laman resmi Direktorat Pendidikan UI di alamat mahasiswa.ui.ac.id.

Mekanisme BOP-B, cicilan, dan beasiswa adalah cara-cara yang dapat diambil mahasiswa baru bila memang ingin mencari keringanan biaya pendidikan di UI. Bila ingin mengetahui lebih lanjut dan detail untuk ketiga jenis mekanisme ini, mahasiswa baru dapat mendatangi Direktorat Kemahasiswaan UI, mahalum fakultas, atau Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma) BEM, baik di tingkat fakultas maupun tingkat universitas. (WND)

 

~ dilihat : 607 kali ~