Media Beretika Tidak Berarti Membosankan

Indeks Berita


Media Beretika Tidak Berarti Membosankan

Posted by admin on 2013-05-14 10:52:36

Pada tahun 2013 ini acara Pekan Komunikasi kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (HMIK FISIP UI). Acara yang mulai berlangsung pada 16-19 April 2013 ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Pekan Komunikasi 2013 dibuka dengan sambutan dari Ketua Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI Prof. Dr. Ilya R. Sudjono Sunarwinadi, M.Si.. Dengan tema “Media Funethics”, acara ini terdiri dari serangkaian acara yang bertujuan untuk mengangkat pentingnya etika dalam jurnalisme di media massa.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan keynote speech “Media Funethics” oleh Maman Suherman, jurnalis dari Kompas TV. Masih di hari yang sama, berlangsung pemutaran film “The People vs Larry Flynt” dan diskusi “Redefine The Meaning of Porn”. Hadir dalam acara tersebut dosen Ilmu Komunikasi UI, Ade Armando, aktivis sosial dan HAM, Ratna Sarumpaet, dan Ketua Komisi B Lembaga Sensor Film (LSF) Djamalul Abidin. Pada saat yang sama, di tempat yang berbeda, berlangsung seminar “Jurnalisme Bencana” dengan pembicara Ahmad Arif yang merupakan wartawan Kompas, penulis buku “Jurnalisme Bencana: Bencana Jurnalisme”. Hadir pula anggota Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia, Izharry Moenzir.

Pada hari kedua terdapat lokakarya film “How to Make Web Series”. Pada lokakarya tersebut hadir sebagai pembicara yaitu CEO Webseries Layanan TV Dennis Adhiswara dan CEO Webseries Cleansound Studio-Layanan’s Partner Eno Bening Swara. Acara dilanjutkan dengan seminar “Public Relations in Digital Era”. Terdapat 3 sesi dalam seminar tersebut. Sesi pertama mengangkat tema “Pemanfaatan Media Digital” dengan pembicara David Chalken (Country Manager Vocanic Social Media Consultant in Indonesia). Selanjutnya, sesi kedua bertema “Media Monitoring” dengan pembicara Adhianto Budi Prasetyo (PR Consultant at AsiaPR). Kemudian, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang bertema “Customer Relationship Management” dengan pembicara T. Marlene Danusutedjo (Director of Public Relation at Four Season Hotel & Resort). Setelah jeda istirahat, acara dilanjutkan dengan lokakarya “How to Win Your Constituents with Public Relations Approach” dengan pembicara yang hadir Silih Agung Wasesa (Konsultan Senior AsiaPR dan Penulis buku “Political Branding & Strategi Public Relations”).

Hari ketiga juga berlangsung acara-acara yang menarik, antara lain Festival Film CreaBo. Hadir juri-juri yang nantinya akan memberikan penilaian dalam Festival Film CreaBo yaitu Alex Sihar (Direktur Yayasan Konfiden), Jujur Prananto (Penulis Skenario “Petualangan Sherina” dan “Ada Apa dengan Cinta”), dan German Mintapradja (Penata Sinematografi “Biola Tak Berdawai” dan “Mestakung”). Selain itu, ada pula Talk Show News Anchor “How to Present Breaking News” oleh Gustav Aulia (Pembawa Berita dan Produser RCTI). Acara lain yang berlangsung adalah AdEnlightment Seminar yang berlangsung dua sesi. Sesi I CRITICAL (Creativity is Ethical) dengan tema “Ethic Kills Creativity, Does It?”dengan pembicara Ridwan Handoyo (Principal of Imago School), dan Djito Kasilo (Strategic Planning Head & Creative Advisor at Tactics Communication). Sesi kedua yaitu, CREATION (Creative Motivation). Dengan pembicara Agung Satria (Senior Art Director Dentsu Strat). Selain itu, ada juga Seminar “Self Ethic in The Digital Era” dengan pembicara yang hadir Edmon Makarim (Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika), dan Ari Juliano Gema (Project Director Creative Commons Indonesia). Pada waktu yang sama, berlangsung juga presentasi dari para peserta acara Political Campaign Competition dan kunjungan sejumlah peserta berkunjung ke LSF.

Di hari terakhir, yaitu Jumat (19/04), berlangsung acara puncak yaitu Commweekend dengan tema “Let’s Celebrate The Idea”. Dalam acara tersebut diumumkan para pemenang lomba yang diadakan dalam Pekan Komunikasi 2013. Pemenang untuk kategori berita yaitu Infra Ranisetya dari Universitas Diponegoro sebagai pemenang lomba News Anchor dan Yaysi dari Universitas Padjajaran sebagai pemenang lomba Artikel Feature. Pemenang lomba Political Campaign jatuh kepada Indra, Widio Wize Ananda Zen, dan Ghafiqi Amhariputra dari UI. Pemenang Adwar Battlefield yaitu Bayu Bagus dan Arlita Dwi. Sementara itu, pemenang kompetisi CreaBo yaitu Angkasa Ramadhan sebagai penulis skenario terbaik, Revy Saladdin dan George Timothy sebagai sinematografer terbaik, dan Dimas Andhika Pramayuga sebagai sutradara terbaik. Selain itu, Liga Film Mahasiswa ITB berhasil menjuarai kategori film terbaik yang berjudul “Love Paper”. Selain rangkaian acara tersebut, acara juga diisi dengan sejumlah hiburan dan penggalangan dana untuk Yayasan Pita Kuning Indonesia. (KHN)

~ dilihat : 438 kali ~