Mapala UI Tanam 1000 Pohon di Hulu Ciliwung

Indeks Berita


Mapala UI Tanam 1000 Pohon di Hulu Ciliwung

Posted by humas-ui on 2013-07-31 11:51:19

Menindaklanjuti kegiatan Half Marathon Run FoRiver dalam program Adopsi Sungai yang berlangsung pada tanggal 12 Mei lalu, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala UI), Rabu (24/07) melakukan restorasi kawasan konservasi dengan menanam 1000 pohon di wilayah seluas 2 Hektar di Blok Babakan, Kampung Lemah Nendet, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Bogor. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, adopsi sungai merupakan program yang digagas oleh Mapala UI dengan menggandeng sejumlah pihak dari perusahaan, pengusaha, professional lainnya dan masyarakat umum untuk ambil bagian dalam menciptakan Sungai Ciliwung yang lebih baik. Kegiatan-kegiatan dalam program tersebut diantaranya mencakup pendidikan dan penelitian, pengabdian masyarakat, restorasi kawasan, dan realisasi sumur resapan.

Daerah penanaman masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. 1000 pohon didapatkan dari jumlah pelari yang berjumlah 900 yang kemudian dibulatkan menjadi 1000, yang mengikuti acara Mapala UI Half Marathon Mei lalu. Kegiatan tersebut mengampanyekan “Satu Pelari Satu Pohon”. Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam, yaitu Salam, Mangelid, Puspa, dan Suren. Turut membantu dalam penanaman tersebut, pihak dari PTN Wilayah VI Tapos dan Kepolisian Sektor Megamendung. Penanaman pohon yang dilakukan tidak jauh dari hulu Sungai Ciliwung tersebut, merupakan cara guna memaksimalkan fungsi penyerapan air hujan, dan menghindari erosi pada daerah hulu sungai.
Kegiatan restorasi kawasan yang akan berlangsung selama 2,5 tahun tersebut, tidak hanya berupa kegiatan penanaman, tetapi juga perawatan dan kegiatan pengabdian masyarakat. Rentang waktu tersebut merupakan cara untuk memastikan bibit tanaman yang ditanam tumbuh dengan perawatan yang baik dan pengawasan yang berkesinambungan.
Pada kegiatan tersebut, Mapala UI turut mengajak 60 mahasiswa UI yang sedang melaksanakan kegiatan K2N Tematik. K2N Tematik merupakan kegiatan kuliah dalam bentuk pengabdian masyarakat yang pertama kali dilaksanakan UI. Program yang dilakukan antara lain edukasi lingkungan hidup kepada masyarakat yang juga terkait dengan pola hidup bersih dan sehat, juga kegiatan peduli lingkungan hulu Ciliwung. Pada K2N Tematik tahun ini, mahasiswa-mahasiswa dibagi ke dalam dua kelompok pelaksana yaitu yang bertempat di Desa Tugu Utara dan Desa Tugu Selatan.
Restorasi kawasan, diresmikan oleh Direktur Kemahasiswaan UI Arman Nefi S.H., M.M. pada Sabtu (27/07) dengan simbolisasi penanaman pohon. Peresmian tersebut sekaligus menjadi penutup K2N Tematik UI 2013 setelah para peserta menyelesaikan masa tugasnya selama 1 bulan. (KHN)

~ dilihat : 305 kali ~