Mapach Didik Anggota Muda di Kaki Gunung Gede

1

Bandung, UPI

Mahasiswa Pecinta Alam Civics Hukum (Mapach) HMCH PKn FPIPS UPI melakukan Pendidikan Lanjutan Anggota Muda Mapach, 28 Juni 2013 s.d.  1 Juli 2013 di Kaki Gunung Gede Desa Cimacan Cianjur. Setelah melakukan kegiatan bertema “Sosialisasi Kepemilikan Akta Tanah” selanjutnya mereka melakukan pendakian oleh Tim Ekspedisi Diklanjut Mapach ke Gunung Gede Pangrango.

Ketua Adat Mapach menjelaskan, “Kegiatan diklanjut merupakan masa tahap pengkaderan di Mapach dalam usaha Anggota Muda menjadi Anggota Penuh Mapach, ketika Anggota Muda selesai melaksanakan diklanjut maka ia akan disahkan menjadi Anggota Penuh Mapach. Tim berjumlah 13 orang dengan Anggota Muda 4 orang dan didampingi instruktur 9 orang.”2

Mapach yang merupakan organisasi pecinta alam yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan dengan berorientasi “kekhasan” Sosiologi Pedesaan dan meneliti karakter masyarakat desa dan melakukan sosialisasi sebagai bentuk kepeduliannya kepada masyarakat kaki gunung. Dalam setiap ekspedisi yang dilakukannya, Mapach selalu membawa misi dalam upaya pencerdasan kepada masyarakat kaki gunung. Mahasiswa yang dipandang sebagai kaum intelektual tentunya harus memberikan langkah nyata dalam upaya pencerdasan setiap warga negara. (WAS)

4

3

~ dilihat : 295 kali ~