Mahasiswa UPI Rebut Juara National Geo-Environment Olympiad 2015

1-2Yogyakarta, UPI

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kembali menorehkan prestasinya di tingkat nasional. Tim Olimpiade dari Departemen Pendidikan Geografi, FPIPS yang terdiri atas Vicky Taniady dan Inarotul Faizah menjadi juara kedua dalam kegiatan bertajuk National Geo-Environment Olympiad. Kegiatan yang merupakan rangkaian GEOS 2015 ini dilaksanakan 7-8 November di Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, Tim UPI berhasil menyisihkan para kompetitor lain seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Malang, dan lainnya. Adapun juara utama dari kegiatan ini diraih tuan rumah, Tim UGM yang juga meraih kategori Ujian Tulis Terbaik.

Kegiatan ini diikuti 26 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di wilayah Indonesia untuk tingkat sarjana dan fresh graduate. Diawali dengan seleksi awal berupa pembuatan paper atau karya tulis dengan tema yang telah disediakan panitia, kemudian menghasilkan 50 besar finalis yang berhak melaju ke tahap selanjutnya. Dalam tahap ini, UPI berhasil mengirimkan 3 tim andalan yang selanjutnya mengikuti tahap ujian tulis dan ujian praktik (ujian lapangan).1-3

Adapun ujian tulis berupa soal pilihan ganda dan juga uraian yang masih mengenai degradasi lahan di Indonesia sesuai tema yang diusung oleh panitia, sedangkan untuk ujian praktik, finalis diajak terjun langsung ke lapangan untuk kemudian menganalisis permasalahan serta penyelesaiannya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 7 November masing-masing bertempat di Auditorium Merapi UGM serta TPA Piyungan, Kabupaten Sleman. Hasil penilaian dari paper yang telah dibuat, ujian tulis, serta ujian lapangan ini kemudian akan menghasilkan TOP 10 yang akan mengikuti tahap selanjutnya di hari Minggu, 8 November 2015.

Keesokan harinya, sebelum mengikuti tahap seleksi lanjutan, seluruh finalis GEOS 2015 mengikuti acara talkshow dengan salah satu pemateri yakni Kepala Badan Informasi Geospasial, yakni Dr. Priyadi Kardono, M.Sc.. Pada siang harinya, diumumkan 10 besar finalis yang berhak mengikuti tahap selanjutnya yakni presentasi paper yang telah dibuat pada tahap awal. Alhasil, Tim Olimpiade UPI berhasil masuk dalam jajaran TOP 10 tersebut dan bersanding dengan beberapa perguruan tinggi seperti ITB, UGM, Universitas Negeri Malang, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember , dan UPN “Veteran” Yogyakarta. Kesepuluh finalis tersebut kemudian menyajikan paper yang telah dibuat dalam bentuk presentasi di hadapan 3 penguji yang merupakan dosen dari Universitas Gadjah Mada.1-1

Setelah seluruh finalis memaparkan presentasinya, kemudian diumumkanlah pemenang dari kegiatan ini, diantaranya yakni juara pertama diraih oleh Tim UGM (A), Tim UPI mendapatkan juara kedua, sedangkan ITB berada di posisi ketiga. Sedangkan untuk juara atribut seperti Best Presentation dan Best Paper diraih oleh Tim ITB, Best Ujian Tulis diraih oleh UGM, dan Tim dari UPI menyusul di posisi kedua dalam kategori ujian tulis dan ujian lapangan. Sebagai juara kedua, Vicky dan Inarotul berhak mendapatkan Piala Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Uang Pembinaan, Sertifikat, dan rekomendasi melanjutkan S-2 pascasarjana di UGM. Mereka berharap melalui kegiatan ini dapat membawa nama harum UPI serta menunjukan identitas UPI sebagai salah satu perguruan tinggi yang juga memiliki dedikasi dan kepedulian terhadap isu lingkungan seperti yang terjadi saat ini. Bravo! (Tan/Pendidikan Geografi)

~ dilihat : 120 kali ~