Mahasiswa UPI Penerima Beasiswa Terus Meningkat

M5Bandung, UPI

Jumlah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang menerima beasiswa pada periode lima tahun terakhir (hingga Austus 2015) tercatat sebanyak 8.517 orang. Sebuah jumlah yang tidak sedikit, walaupun bila dibandingkan dengan keseluruhan jumlah mahasiswa UPI, jumlah tersebut tentu masih harus terus ditingkatkan. Mahasiwa baru tahun akademik 2015/2106 yang merasa berhak menerima beasiswa tersebut dipersilakan memanfaatkan berbagai jenis beasiswa yang tersdia di UPI agar kelak dapat berprestasi dan meraih mimpi seoptimal mungkin.

“Dari sejumlah beasiswa yang tersedia, beasiswa Bidik Misi yang bersifat nasional adalah salah satunya. Sejak tahun akademik 2010/2011 sebagian mahasiswa UPI memperoleh beasiswa Bidik Misi yang dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat,” kata Rektor UPI Prof. Dr. Furqon, Ph.D. saat membuka acara Masa Orientasi dan Kuliah Umum UPI 2015 di Gedung Gymnasium Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Selasa (25/8/2015).M1

Menurut Rektor, pada tahun 2011, sebanyak 600 orang mahasiswa UPI mendapatkan Bidik Misi; tahun 2012 sebanyak 1.058 orang; tahun 2013 sebanyak 1.406 orang; tahun 2014 sebanyak 1.450 orang; dan tahun 2015 tercatat 1.441 orang. Di samping beasiswa Bidik Misi, UPI menyediakan pula beasiswa lain, di antaranya adalah beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik); beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa); beasiswa Yayasan Supersemar; beasiswa Yayasan Toyota Astra; beasiswa Bank Indonesia; beasiswa Bank BRI; beasiswa HU Pikiran Rakyat; beasiswa PHKI; dan sejumlah beasiswa lainnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa dalam memasuki dunia perguruan tinggi, mahasiswa baru harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan situasi yang relatif berbeda dengan dunia sekolah menengah sebelumnya. Saya amat percaya bahwa para mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan baik,” ujar Prof. Furqon.

Rektor UPI menjelaskan, sudah menjadi tradisi akademik di UPI bahwa setiap tahun mahasiswa baru diterima secara resmi melalui prosesi universitas. Demikian pula halnya ketika para mahasiswa telah menyelesaikan studinya dan meninggalkan kampus, mereka pun dilepas secara resmi dalam acara prosesi universitas, yang biasa dikenal dengan wisuda.M6

Ia mengungkapkan, tahun akademik 2015/2016, peserta seleksi masuk yang mendaftar ke UPI untuk jenjang S1 (Sarjana) dan D3 (Diploma Tiga) adalah sebanyak 107.960 orang, sedangkan yang diterima adalah sebanyak 7.200 orang, dengan rincian sebagai berikut, yang diterima melalui SNMPTN sebanyak 3.526 orang; SBMPTN 2.234 orang ; dan SM UPI 1.460 orang. Dengan demikian, hanya sekitar 6,7% calon mahasiswa yang diterima di UPI untuk tahun akademik 2015/2016 atau 1:15 (diterima 1 orang dari 15 orang peserta seleksi).

Pada Sekolah Pascasarjana tercatat bahwa dari pendaftar sebanyak 2.197 orang, diterima sebanyak 1.350 atau sekitar 60%. Untuk tingkat Pascasarjana, kondisi jumlah pendaftar tersebut masih menunjukkan tingkat keketatan seleksi yang bagus.M8

“Maka, saya mengucapkan selamat kepada Anda semua, para mahasiswa baru UPI Tahun Akademik 2015/2016, yang telah terpilih sebagai mahasiswa baru UPI dalam kondisi persaingan seleksi yang sangat ketat. Mulai saat ini Anda memasuki dunia yang relatif baru, yaitu dunia perguruan tinggi yang menjadi tempat bagi Anda untuk mengembangkan diri, untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dan memperoleh pengalaman sebagai bekal persiapan masa depan yang lebih baik,” kata Prof. Furqon.

Namun yang perlu dipahami, kata dia, adalah bahwa input pendidikan yang bagus tidak otomatis menjadi output yang bagus. Untuk menghasilkan output yang bagus, prosesnya juga harus bagus. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mengembangkan dan menerapkan cara dan keterampilan belajar yang efektif serta memaksimalkan upaya belajar masing-masing. (WAS/Deny/Andri/Dodi/Jani)

~ dilihat : 187 kali ~