Mahasiswa UPI Kampus Serang Meningkatkan Kualitas dengan Usaha Cerdas

1-1Serang, UPI

Menggapai Masa Depan. Sore musim panas di pelataran masjid UPI Kampus Serang terasa sejuk. Matahari mulai condong ke Barat, masjid diselimuti pepohonan yang menebarkan rasa teduh, ayem, dan tenteram. Kami sedang berkumpul untuk melakukan wawancara dalam program ” Menggapai Cita-citamu/Reaching Your Dream“. Menggapai Cita-citamu/Reaching Your Dream merupakan program pembekalan bagi mahasiswa yang berniat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, selepas tamat pada program S1 PGSD di UPI Kampus Serang.

Tujuannya supaya mahasiswa menciptakan kondisi siap untuk bersaing mendapatkan kesempatan melanjutkan studi. Program ini awalnya digagas Dr. H. Herli Salim, M.Ed yang saat ini menjabat sebagai Direktur UPI Kampus Serang, penyelenggaranya berkerja sama dengan GMPM Lukmanul Hakim. Program ini sudah dimulai dari beberapa bulan lalu, diawali dengan sosialisasi dan perekrutan calon peserta.

Mahasiswa yang mendaftar program ini terlebih dahulu ditetapkan sebagai calon peserta dan diharuskan untuk mengumpulkan persyaratan untuk mengikuti seleksi. Seleksi terdiri dari tiga tahap diantaranya: Seleksi administrasi, wawancara dan menandatangani fakta integritas. Peserta yang lolos pada tahap pertama berjumlah 59 orang, yang terdiri dari 4 laki-laki dan 55 perempuan. Seleksi tahap kedua (wawancara) dalam sepekan diikuti oleh 20 orang peserta.

Minggu ini, tepatnya pada tanggal 9 dan 12 September merupakan jadwal perdana wawancara bagi calon peserta yang telah lolos tahap pertama (seleksi administrasi), yang dipimpin oleh Dr. Herli Salim, M. Ed dan Firman Robiansyah, M.Pd (Pembina GMPM Lukmanul Hakim)yang akan berlangsung sampai tanggal 23 September 2015.

Keheningan suasana pecah oleh panggilan panitia yang memanggil calon peserta untuk melakukan wawancara dengan Pembina GMPM ( Gerakan Mahasiswa Peduli .Masjid). Setiap peserta diwawancara untuk mengetahui kesungguhan dan konfirmasi data yang telah mereka sampaikan. Wajah-wajah peserta serius, semua berharap bisa mengikuti program ini dan lolos seleksi administrasi dan wawancara.Selama menunggu peserta yang sedang diwawancara, kami menyempatkan waktu untuk mewawancarai calon peserta lainnya mengenai kesan mereka mengikuti program “Menggapai Cita-cita/Reaching Your Dream.1-2

“Subhanallah, bahagia sekali karena ada program yang mewadahi hasrat mahasiswa yang ingin melanjutkan studi”. Kata salah seorang calon peserta.

Bahagia yang dirasakan begitu terpancar dari raut wajah mereka, dengan adanya program ini. Selain merasa bahagia karena mereka mendapatkan wadah yang berusaha memberikan bekal sedini mungkin untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di dalam maupun luar negeri. Pesertamengungkapkan bahwa program ini sangat bermanfaat untuk masa depan mereka, apabila merekaterus mengaplikasikan hasil yang telah didapatkan dan selalu memperkuat potensi diri mereka dengan harapan pula bahwa program ini terus berlanjut. Ada pulasalahsatu calon peserta yang sangatmenggebu-gebu, iamengungkapkan impiannya untuk melanjutkan studi di Monash University, Australia. Ada pula peserta yang menyebutbeberapauniversitas di ASEAN.

“Saya merasa bangga sekaligus takjub melihat impian yang dimiliki para mahasiswa yang bergabung program Reaching Your Dream tersebut. Dengan latar belakang keluarga yang notabene sederhana, mereka tidak takut untuk bermimpi agar bisa melanjutkan studi di dalam/luar negeri. Semoga program RYD ini bisa membantu mewujudkan impian mereka. Dan semoga tekad kuat mereka menjadi sebait doa yang Allah ijabah agar kelak tujuan mulia mereka mewujud nyata”. Ujar Firman Robiansyah, M.Pd. – Pewawancara calon peserta MCC/RYD.Semoga program ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam program Menggapai Cita-citamu/Reaching Your Dream. (Pengurus MCC/RYD UPI Kampus Serang)

~ dilihat : 135 kali ~