Mahasiswa UPI Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

C360_2015-03-12-15-36-55-029

Bandung, UPI

Ratusan mahasiswa memadati gedung Sasana Budaya Ganesa (SABUGA) ITB Bandung dalam acara Mata Najwa On Stage yang diselenggarakan oleh Metro TV, Kamis (12/03). Acara ini diisi dengan pelatihan jurnalistik “JURNALISTA” yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Bandung. Lebih dari 150 orang diantaranya berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Seperti dalam pelatihan-pelatihan jurnalistik yang sebelumnya telah dilaksanakan, mahasiswa UPI selalu antusias untuk ikut serta di dalamnya. Beberapa mahasiswa UPI yang bergabung juga dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya aktif dalam kegiatan ini. Adapun pengisi pelatihan ini adalah Zelda Savitri (Presenter Senior), Andi SG (Jurnalis Senior), dan Budiyanto (Cameraman Senior).

Para peserta aktif dalam interaksi pematerian sehingga tidak sedikit mereka yang berani tampil untuk mengekspos dirinya. Beberapa mahasiswa UPI tampil menjadi reporter dengan percaya diri menyampaikan berita langsung di depan kamera. Karena ini masih merupakan proses pembelajaran, maka beberapa pemateri pun memberikan ilmu mengenai jurnalistik.

“Dalam melaporkan berita, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya harus membuat konsep yang jelas, mengatur pernafasan sehingga tidak terburu-buru, dan harus berkonsentrasi pada permasalahan yang akan disampaikan”, ujar Zelda.

Menurut salah satu peserta, Zafira Yasmin (2013) mengatakan, “Acara pelatihan jurnalistik Mata Najwa on stage sangat menarik dan bermanfaat. Di acara ini kami dapat mengetahui ilmu mengenai bagaimana tahapan-tahapan berita saat penayangan di televisi”.

Selain pemaparan mengenai reporter, dibahas juga mengenai pembuatan gambar/video untuk berita. Seorang cameraman yang pernahdisandera di Irak, Budiyanto memaparkan, “Seorang wartawan juga harus mempunyai keberanian dan menjaga etika sehingga berita yang dibuat tidak merugikan narasumber atau pun pihak lainnya”.

Seperti yang disampaikan Asep Kordiman (2013) yang mencoba tampil, “Acaranya seru banget, terlihat dari para peserta jurnalistik yang begitu antusias dengan acaranya, dimana para peserta hamper memenuhi ruangan yang disediakan. Selain pelatihan jurnalistik dari Metro TV yang begitu bermanfaat, ditambah dengan banyaknya hadiah dari sponsor yang diberikan secara cuma-cuma kepada para peserta. Asep yang mendapat sebuah bingkisan juga dari sponsor, mengahaturkan terimakasih kepada Dr. Suwatno, M.Si, sebagai KepalaHumas UPI yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa UPI untuk mengikuti acara ini.

Media sangat berperan dalam penyampaian inspirasi dan aspirasi masyarakat. “Tidak harus menjadi reporter jika ingin menyampaikan suatu peristiwa, sampaikanlah melalui tulisan dan terus berkarya karena media berperan menjadi telinga dan mulut yang akan mendengar dan menyampaikan aspirasi masyarakat”, pesan Zelda menutup pemateriannya.

Acara ini akan dilanjutkan esok harinya (13/03) dalam acara Talk Show Mata Najwa On Stage dengan pembahasa “Sidang Rakyat”. (Santi Nurjanah-2013).

~ dilihat : 233 kali ~