Mahasiswa UI Menyabet Dua Penghargaan di Ajang IEMC 2013

Indeks Berita


Mahasiswa UI Menyabet Dua Penghargaan di Ajang IEMC 2013

Posted by humas-ui on 2013-11-28 10:01:31

Mahasiswa UI kembali menelurkan prestasi. Kali ini, sejumlah mahasiswa UI yang tergabung dalam tim Nakoela Hore dan Arjuna Hore berhasil memecahkan rekor baru lewat mobil-mobil buatan mereka. Rekor itu adalah pencapaian satu liter bensin untuk menempuh jarak 1.027 kilometer untuk Keris RV. Pencapaian ini didapatkan UI pada ajang Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 yang berlangsung pada 14 -17 November 2013 di Park Sirkuit Kenjeran Surabaya. Selain Nakoela Hore yang berhasil menjadi juara dalam kategori prototype bensin, Tim Arjuna Hore yang juga berhasil menyabet juara dalam kategori prototype listrik dengan mobil prototype listriknya yang bernama Keris EV. Tim Arjuna Hore berhasil meraih juara pertama dengan pencapaian 252 km/kWh.

Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 sendiri merupakan kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit dan ramah lingkungan. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh universitas/institut/politeknik di Indonesia yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia. Tahun ini kegiatan ini diikuti oleh 53 tim dari 30 universitas di seluruh Indonesia. ketua panitia Alief Wikarta, ST, M.Sc, Eng PhD menjelaskan bahwa kategori lomba terdiri dari dua kategori, yaitu Urban Concept dan Prototype dimana di masing-masing kategori terdapat tiga kelas sesuai jenis bahan bakar yakni bensin, diesel/solar, dan listrik. Bahan bakar yang digunakan race pun ditentukan oleh panitia, yakni 100 mililiter untuk kategori Prototype dan 200 mililiter untuk kategori Urban Concept. Nantinya, mobil yang terbaik adalah mobil yang menggunakan bahan bakar paling sedikit untuk menyelesaikan delapan lap dalam waktu yang ditentukan.

UI dalam ajang IEMC 2013 ini mengirimkan dua tim yang terdiri dari Tim Nakoela Hore dan Arjuna Hore yang tergabung dalam tim “UI Supermileage Vehicle” yang merupakan sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI dengan moto “We design, build and race the best vehicles with the best efficiency.” General Manager Tim UI Supermileage Vehicle, Muhammad Fikri mengatakan “Keunggulan yang ditawarkan tim kami pada IEMC 2013 terletak pada desain mobil yang aerodinamis dan ringan”, ujarnya. Tim dari UI ini oleh dewan juri dinilai berhasil memperkenalkan mobil dengan teknik pembuatan menggunakan sandwich fiber dengan metode hand lay-up. Mobil ini menggunakan mesin dengan kompresi tinggi dan dua busi. “Hal ini semakin diperkuat oleh kinerja anggota tim yang berhasil melakukan transmisi yang pas serta desain dan struktur vehicle yang presisi dan balance sehingga mobil ini menjadi lebih ringan untuk digunakan,” tambahnya. Tim UI Supermileage Vehicle juga akan mengirimkan wakilnya untuk kategori prototype bensin dan urban concept gasoline di ajang Shell Eco Marathon Asia 2014 di Filipina Februari 2014 mendatang. “Kami berharap inovasi yang kami lakukan dapat memberikan solusi bagi kebutuhan transportasi Indonesia yang irit bahan bakar dan efisien serta ramah lingkungan,” tutupnya. (WND)

~ dilihat : 328 kali ~