Mahasiswa UI Dibekali Pendidikan Antikorupsi

Indeks Berita


Mahasiswa UI Dibekali Pendidikan Antikorupsi

Posted by humas-ui on 2013-11-12 11:06:09

Tanpa sadar, bibit korupsi tumbuh melalui hal-hal kecil yang di kemudian hari bisa berkembang besar. Karena itu, mengantisipasi korupsi sejak dini, selagi masih di usia muda, para mahasiswa diberi materi antikorupsi dari Transparency International Indonesia. Lembaga nirlaba yang mengusung slogan The Global Coalition Against Corruption tersebut memberikan materi selama lima jam dari pukul 09.00 WIB, Senin (11/11/2013) di Aula Terapung Perpustakaan Universitas Indonesia Depok. Lewat tiga pemateri Lia Toriana, Kukuh Adi, dan William Umboh mereka mengangkat tema “Pendidikan Antikorupsi: Aku Tahu, Aku Kenal, dan Aku Lawan”.

Kegiatan ini adalah rangkaian acara Simposium Hukum Nasional (SHN) 2013 yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH UI) hingga Jumat, 22/11/2013 mendatang. Ketua Pelaksana SHN, Dion Valerian yang juga Staf Kajian Aksi dan Strategi (Kasrat) BEM FH UI kepada UIUpdate mengatakan acara semacam ini penting untuk menunjukan posisi strategis mahasiswa sebagai grup penekan. Sejumlah produk acara SHN seperti diskusi panel yang mengundang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, akan menghasilkan draf rekomendasi.

Dion menilai penanaman kesadaran korupsi sejak muda itu penting untuk mencegah tindakan korupsi bila kelak memimpin negara. “Kalau kita sibuk membenarkan yang di atas (yang saat ini menjabat), korupsi tidak akan terpangkas. Karena itu, perlu dicegah sejak dini,” katanya. Dion berharap, bila anak muda suatu hari memimpin bangsa, setidaknya tidak seburuk perilaku oknum pejabat yang kerap tersandung korupsi. (DPN)