Mahasiswa UI dan Harapan Mereka Kepada Dekan-Dekan Baru

Indeks Berita


Mahasiswa UI dan Harapan Mereka Kepada Dekan-Dekan Baru

Posted by humas-ui on 2013-11-07 15:33:12

Proses pemilihan dekan di lingkungan UI sudah semakin meriah dengan terpilihnya Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. sebagai Dekan FISIP 2013-2017 yang baru. Fakultas-fakultas lain juga sedang sibuk-sibuknya melaksanakan jadwal pemilihan dekannya masing-masing. Di tengah keramaian dan keriuhan pemilihan dekan ini, tentu saja banyak harapan sekaligus pendapat dari civitas akademika di UI tentang proses pemilihan di tingkat fakultasnya masing-masing. Seperti apa harapan-harapan mereka? Sosok dekan seperti apa sih yang mereka inginkan? Kita akan menyimaknya melalui tiga fakultas yang sudah dan sedang melaksanakan proses pemilihan dekannya masing-masing.

BEM FIB UI dalam menyambut kegiatan pemilihan dekannya, baru-baru ini mengadakan sebuah survey kepada mahasiswa FIB UI. 96% responden mahasiswa FIB UI ingin agar dekan yang baru dapat melakukan perbaikan dalam segi fasilitas, terutama toilet dan lapangan yang menurut mereka dalam kondisi tidak layak untuk sebuah fakultas. Harapan perbaikan di bidang fasilitas ini juga diungkapkan oleh Erwin Maulana S, salah satu mahasiswa yang berharap agar dekan yang baru dapat kembali mengaktifkan Laboratorium Fonologi ” Anak jurusan sastra butuh”, ungkapnya. Ada pula harapan dari Sugih Nugroho yang menginginkan dekan baru yang yang “membumi” dan mengetahui persoalan mendasar di dalam FIB . Evit D Sulistyowati juga mengungkapkan hal yang senada “Gw mau dekan baru FIB nantinya sering ke kansas, datang ke acara mahasiswa, ikut kalo mahasiswanya aksi termasuk demonstrasi,” harapnya. Azhari Fauzan juga mengungkapkan hal yang sama, ” Semoga dekan baru nantinya tidak terus-terusan ada di dalam gedung-gedung yang nyaman, namun juga mau keluar dan melihat keadaan FIB sesungguhnya,” ungkapnya. Salah satu karyawan FIB , Nobi juga punya harapan sendiri buat dekan barunya. “Harusnya sih dekan FIB jangan keseringan ga ada di FIBnya hehehe”, ungkapnya.

Fakultas jingga yang baru saja mempunyai dekan baru, FISIP, juga punya harapan tersendiri untuk dekan barunya. BEM FISIP melalui departemen litbangnya telah merangkum beberapa harapan dari mahasiswa terkait harapan dan sosok dekan ideal untuk mereka. Riset ini mencakup kebutuhan-kebutuhan mahasiswa dan kinerja dekanat selama 5 tahun kepengurusan. Dari hasil riset ini terungkap bahwa mahasiswa FISIP menginginkan sosok Dekan yang dekat dengan mahasiswa dan juga memperhatikan masalah fasilitas-fasilitas yang menyentuh langsung keperluan mahasiswa, seperti masalah Wi-fi dan sinyal, juga fasilitas ruangan untuk komunitas dan himpunan mahasiswa. Selain itu juga terungkap bahwa Mahasiswa FISIP merasakan dibutuhkannya keberadaan Unit Kesehatan Mahasiswa di FISIP UI sehingga keperluan kesehatan mahasiswa dapat dilakukan dengan lebih praktis. Semua hasil survey ini sendiri sudah dipresentasikan secara langsung kepada pihak dekanat di salah satu acara yang diselenggarakan BEM FISIP UI.

Selain kedua fakultas di UI Depok diatas, ada juga fakultas di UI Salemba yang punya harapan dan bayangan ideal mengenai sosok dekan mereka nantinya, seperti yang diungkapkan Lieando Chandra yang berharap dekan FKG terpilih nantinya bisa tegas menjadikan FKG UI menjadi kawasan tanpa rokok, memajukan ventura, dan tidak hanya diam di zona nyaman. Citra E. Hudiyono ?juga berharap adanya perbaikan di bidang pengelolaan keuangan “Gw berharap dekan yang baru bisa menyelesaikan masalah keuangan FKG supaya mahasiswa tidak terbebani, juga menjadi sosok yang tegas, berwibawa, dan merangkul semua civitas ,” harapnya. Lain lagi dengan Sarah Yuristha yang menekankan harapannya pada sosok dekan yang akomodatif, ” Dekan yang bisa menerima dan menjalankan aspirasi mahasiswa. Jadi jangan ditampung saja, harus dijalanin, harus kreatif,” ungkapnya. Bapak Sofyan (cleaning service FKG) juga turut berpendapat “Calon dekan yg saya harapkan adalah calon dekan yang cerdas dan berwibawa,” ujarnya.

Dari himpunan pendapat dari ketiga fakultas tersebut dapat kita lihat bahwa ada persamaan harapan mengenai perbaikan fasilitas dan peningkatan pelayanan fakultas, terutama di bidang akademik. Selain itu kita juga dapat melihat bahwa sosok dekan yang dirindukan oleh mahasiswa adalah sosok dekan yang “dekat” dengan keseharian mereka, tidak berjarak, dan tahu betul masalah-masalah yang ada di dalam internal fakultas sendiri serta punya keinginan kuat untuk menyelesaikannya. Apapun itu, semoga semua harapan dan perbaikan yang diharapkan oleh sosok dekan-dekan fakultas ini nantinya dapat terwujud, sehingga UI di dalam tataran universitas dapat menjadi institusi pendidikan yang lebih baik lagi. (WND)

~ dilihat : 326 kali ~