Mahasiswa UI Bangun Kemandirian Panti Asuhan lewat Program Healthpreneur Pantastik

pantastik

Data Kementerian Sosial dan UNICEF menyebutkan bahwa saat ini terjadi pergeseran fungsi panti asuhan di Indonesia menjadi lembaga penyedia layanan pendidikan. Data ini juga didukung fakta bahwa 90% anak yang tinggal di panti asuhan ternyata masih memiliki orang tua.

Tren ini membuat kemandirian panti asuhan menjadi sesuatu yang diperlukan saat ini, karena banyak anak yang akhirnya menggantungkan masa depan pendidikannya kepada panti asuhan.

Permasalahan ini membuat Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) UI membuat suatu program dengan konsep healthpreneur dengan nama Panti Asuhan Sehat, Mandiri, dan Kreatif (Pantastik). Program ini mengambil tempat di daerah Sawangan, Depok.

Program ini adalah program dengan konsep healthpreneur yakni berwirausaha dengan dasar kesehatan (kesehatan lingkungan dan gizi). Tim PKM UI melakukan program ini di sebuah panti asuhan di Depok, Sawangan yaitu Panti Asuhan Ar-Ridho .

posbox

Panti asuhan ini merupakan panti asuhan yang hanya mengandalkan donatur untuk memenuhi kebutuhan finansial. Selain itu tingkat kesadaran akan kesehatan dan lingkungan di dalam panti juga kurang, karena belum teredukasinya anak-anak panti.

Program Pantastik berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan tiga materi utama yang dilakukan yaitu menanam tumbuhan bermanfaat, membuat pupuk kompos, serta edukasi gizi seimbang. Ketiga materi tersebut dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi dan praktikum.

Dari ketiga rangkaian kegiatan tersebut, program ini diharapkan dapat mencapai 3 nilai, yaitu Sehat, Mandiri dan Kreatif, yang dilihat dari peningkatan kesadaran anak-anak panti terhadap kesehatan lingkungan dan gizi mereka.

tahu

Nilai kemandirian didapatkan dari penjualan produk-produk pos-box dan tahu schotel yang dihasilkan dari program ini. Nantinya hasil penjualan ini diharapkan dapat  menghasilkan dana bagi panti asuhan untuk kegiatan operasional panti.

Pos-box merupakan paket pot berisi media tanam berupa pupuk kompos dan bibit tumbuhan dengan kemasan yang menarik. Sedangkan produk tahu schotel diharapkan dapat dijual melalui warung atau koperasi disekitar panti.

Diharapkan dengan adanya program Pantastik ini, kemandirian finansial Panti Asuhan Ar-Ridho dapat terwujud dengan cara pemberdayaan anak-anak panti. Selain itu, diharapkan juga tingkat kesehatan lingkungan panti juga dapat meningkat.

Program Pantastik memiliki beberapa mitra yang turut membantu dalam pelaksanaan, yaitu smahasiswa kesehatan lingkungan FKM UI, mahasiswa Gizi FKM UI, UI Berkebun, UI Cooking Club, dan sadkes.com.


~ dilihat : 23 kali ~