Mahasiswa UGM Ikuti Scientific Meeting di Hokkaido

Mahasiswa UGM Ikuti Scientific Meeting di Hokkaido

2013-02-20 09:31:31

Mahasiswa UGM Ikuti Scientific Meeting di Hokkaido Tiga tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berasal dari Fakultas Biologi, MIPA dan Kedokteran Gigi lolos dan terpilih sebagai presenter dalam kegiatan The 10th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS 10) yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Hokkaido (PPI-Hokkaido) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Jepang. Kegiatan yang dilaksanakan pada 9 Februari lalu di Graduate School of Environmental Science, Hokkaido University, Sapporo ini dihadiri oleh 33 peserta, baik dari tingkat S1 hingga S3.

Ketiga tim mahasiswa UGM tersebut diketuai oleh Mukhlish Jamal Musa Holle bersama Firda Rian. A. dari Fakultas Biologi, Nanda Shabrina dari Jurusan Fisika Fakultas MIPA dan Antinah Latif dari Jurusan Keperawatan Gigi Fakultas Kedokteran Gigi.

Menurut penuturan Mukhlis pada kegiatan HISAS sebelumnya tidak ada mahasiswa Indonesia yang menghadiri kegiatan ini. Namun, pada HISAS 10 ini merupakan pertama kalinya partisipasi oleh mahasiswa yang berasal dari Indonesia.

“ Selain UGM, mahasiswa Indonesia lainnya berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Mulawarman, dan Universitas Islam Sumatera Utara,”kata Mukhlis, Rabu (20/2).

Dalam acara tersebut keempat mahasiswa ugm ini berkesempatan mempresentasikan 3 judul penelitian yaitu, “Detection on Alkaloid, Flavonoid and Terpenoid of Leaves and Pseudobulbs of Dendrobium mutabile and Spathoglottis plicata” oleh Mukhlish Jamal Musa Holle, dkk., “Structure and Magnetic Properties of Cobalt Ferrite (CoFe2O4) Nanoparticles Synthesized by Chemical Co-Precipitation Method” oleh Nanda Shabrina, dkk., dan “‘Kader Semut’ The Program of Mouth and Dental Regeneration for The Teachers and The Parents to The Difable Children in Yogyakarta” oleh Antina Latif, dkk.

Mukhlis menjelaskan kegiatan ini dihadiri keynote speaker Prof. Shinichi Arai dari Division of Environmental Science Development, Graduate School of Environmental Science, Hokkaido University yang telah memaparkan terkait keberlanjutan ilmu lingkungan dan kebijakan. Selain itu hadir pula Prof. Kosuke Heki dari Laboratory of Space Geodesy, Division of Earth and Planetary Dynamics, Department of Natural History Science, Faculty of Science, Hokkaido University yang menyampaikan tentang dinamika gravitasi bumi secara spasial.

Salah seorang panitia, Erma Septianita, mengungkapkan bahwa HISAS tahun ini antusiasme peserta jauh lebih baik daripada tahun lalu karena banyak mahasiswa Indonesia yang hadir. Meskipun dihadiri peserta dari Indonesia beberapa peserta tidak dapat menghadiri HISAS 10 karena cuaca buruk dan hujan salju yang kerap terjadi di Hokkaido (Humas UGM/Satria AN)

  • Mahasiswa UGM Ikuti Asia Regional Meeting
  • Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien Masih Minim
  • Mahasiswa UGM Ikuti Kongres Konservasi Dunia 2012
  • FK UGM Gelar ASM 2012
  • Expert Group Meeting, LPPM UGM – UNESCO Jakarta Office
  • 150 Peneliti Dunia Diskusikan Perkembangan Ketekniksipilan
  • Mahasiswa UGM Ikuti 5th IJJSS 2012

~ dilihat : 421 kali ~