Mahasiswa Shizuoka University Lakukan Praktek Mengajar di SMPN 5 Bandung dan SMP Lab School UPI

P1000311

Bandung, UPI

Dalam rangkaian kegiatan student exchange antara Universitas Pendidikan Indonesia dengan Shizuoka University, Jepang, sebanyak lima orang mahasiswa dari Shizuoka University melaksanakan praktek mengajar di dua sekolah menengah di kota Bandung. Sekolah yang dijadikan pilihan untuk dilaksanakannya praktek mengajar ialah SMPN 5 Bandung dan SMP Lab School UPI. Dalam kesempatan pertama sekolah yang dikunjungi ialah SMPN 5 Bandung pada hari Senin, 23 September 2013 di Jalan Sumatra No. 40 Bandung.

Rombongan disambut hangat oleh Kepala Sekolah SMPN 5 Bandung Yusup, S,Pd., MM.Pd beserta para guru. Lima orang mahasiswa dari Shizuoka University, Jepang dan beberapa perwakilan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia dipersilakan untuk mengikuti upacara bendera, sebagai sarana pengenalan kepada mahasiswa student exchange.

P1000344Setelah melaksanakan upacara bendera, pembukaan secara resmi dilaksanakan di Gedung Serba Guna antara pihak sekolah dengan mahasiswa dan rombongan dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia serta Shizuoka University. Hadir sebagai perwakilan dari Universitas Pendidikan Indonesia yakni Dr. Elly Malihah, M.Si selaku Pembantu Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FPIPS, Diani Risda, M.Ed selaku Koordinator Hubungan Internasional UPI-Jepang. Dari pihak Shizuoka University yakni Prof. Ikeda dan Mr. Hayama.

Mahasiswa student exchange melaksanakan praktek mengajar di kelas 9-H dengan tema materi tentang Penyikapan Kehidupan antara Mayoritas dan Minoritas. Selanjutnya dilanjutkan di kelas 8-F dengan materi Perbandingan Kehidupan di Desa dan Kota antara Indonesia dan Jepang. Para peserta didik merasa senang dengan materi dan kehadiran mereka serta kegiatan belajar mengajar pun sangat hidup berkat sikap kritis dan keaktifan siswa SMPN 5 Bandung.

Diakhir acara, perwakilan SMPN 5 Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia dan Shizuoka University melakukan diskusi terkait dengan gagasan kerja sama antara SMPN 5 Bandung dengan sekolah SMP yang ada di Jepang.

Selanjutnya, pada hari Selasa 24 September 2013 kegiatan praktek mengajar dilaksanakan di SMP Lab School UPI. Rombongan disambut hangat oleh Kepala SMP Lab School UPI Drs. H. Mulyana Abdullah, M.Pd.I. Kegiatan belajar mengajar pun berjalan aktif dan menyenangkan.

P1000350Semoga ilmu yang didapatkan oleh siswa SMPN 5 Bandung dan SMP Lab School UPI bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan mereka tentang bagaimana perbandingan kehidupan di Indonesia dan Jepang. Mereka bisa mengambil hal-hal positif dari kehidupan masyarakat Jepang untuk bisa diimplementasikan dalam kehidupan mereka di keluarga, sekolah maupun masyarakat. (Rizki Muhammad Ramdhan)