Mahasiswa Sciemics UPI Sabet Juara Temu Ilmiah Regional Jawa Barat

Untitled

Bandung, UPI

Sembilan orang mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang juga anggota dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SCIEmics (Study Community of Islamics Economics) UPI mengikuti ajang lomba Temu Ilmiah Regional (Temilreg) se-Jawa Barat yang diselenggarakan 28 Februari -3 Maret 2013 di Universitas Kuningan.

UPI mengirimkan sembilan orang, di antaranya tiga tim yang mengikuti lomba olimpiade ekonomi islam dan dua orang yang mengikuti LKTEI. Tiga tim yang mengikuti  lomba olimpiade ekonomi Islam terdiri atas Tim 1 yang beranggotakan Lia Amalia (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2012), Indria Fitri Ariyana (Akuntansi 2012), dan Nurhilmi (Pendidikan Bahasa Arab 2011), Tim 2 yang beranggotakan Melly Lidea (Pendidikan Akuntansi 2010), Irni Inayah Rahman (Akuntansi 2011), dan Winda Waridah (Akuntansi 2011), serta Tim 3 yang beranggotakan Dina Rahmawati (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011), Deby Nurhikmah (Pendidikan Akuntansi 2011), dan Tia Meida (Pendidikan Ekonomi 2011). Begitupun LKTEI diikuti oleh dua orang  yaitu Naila Amalah (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011) dan Faris Azka (Pendidikan Akuntansi 2011).

Seleksi perlombaan terasa cukup ketat, mulai dari seleksi tes tulis, lomba cerdas cermat, hingga presentasi studi kasus yang dilaksanakan guna meraih juara yang diharapkan. Setelah melewati tahap seleksi demi seleksi, akhirnya UPI mendapatkan empat juara sekaligus dan mendapatkan juara umum karena telah meraih piala terbanyak dibandingkan dengan universitas lain.

Ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh UKM Forsesy (Forum Silahturahmi Ekonomi Syariah) Universitas Kuningan bersama FOSSEI (Forum Silahturahmi Studi Ekonomi Islam) Jawa Barat ini diikuti oleh 10 Universitas se-Jawa Barat di antaranya UPI, Unpad, Unisba, Ekuitas, UIN, STAI Cirebon, Tasik, Universitas Kuningan, dan Muhammadiyah.

Perlombaan yang dilaksanakan cukup bergengsi dan menegangkan, dimulai dari tahap tes tulis olimpiade yang hanya memilih sembilan besar tim yang memiliki nilai tertinggi, dilanjutkan dengan lomba ketangkasan cerdas cermat yang dipilih tiga besar lagi, dan kemudian masuk final, di mana ketiga besar finalis diberikan tiga buah studi kasus yang telah diacak. Mereka kemudian harus memperesentasikannya di hadapan ketiga juri dan para peserta yang lain. Begitupun LKTEI yang terdiri atas tujuh peserta yang mengirimkan karya tulisnya kemudian dipilih lagi tiga besar yang memiliki karya tulis terbaik dan mempersentasikannya di hadapan juri.

UPI akhirnya mendapatkan dua juara olimpiade yang masing-masing terdiri atas juara 2 yang diraih oleh Tim 3 SCIEmics UPI (Dina Rahmawati/Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011, Deby Nurhikmah/Pendidikan Akuntansi 2011, dan Tia Meida/Pendidikan Ekonomi 2011), dan juara 3 yang diraih Tim 1 SCIEmics UPI (Lia Amalia/Pendidikan Manajemen Perkantoran 2012, Indria Fitri Ariyana/Akuntasi 2012, dan Nurhilmi/Pendidikan Bahasa Arab 2011) setelah juara 1 sebelumnya diraih Universitas Padjadjaran. Dalam LKTEI, UPI pun mendapatkan 2  juara yang terdiri atas juara 1 LKTEI yang diraih Naila Amalah (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011) dan juara 3 LKTEI yang diraih Faris Azka (Pendidikan akuntansi 2011).

Mendapatkan gelar juara umum dengan membawa empat juara merupakan suatu kebanggaan bagi UPI. Ini menunjukkan, mahasiswanya telah memiliki prestasi yang cukup membanggakan dan dapat membawa nama UPI lebih baik ke luar kota dan beberapa universitas lain. (Dina Rahmawati)

~ dilihat : 517 kali ~