Mahasiswa Prodi IEKI Buktikan Kepedulian Terhadap Lingkungan

prodi ieki 2

Bandung, UPI

Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (IEKI) yang merupakan prodi baru di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI yang ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor 6940/UN40/DT/2012. Prodi IEKI telah menerima mahasiswa baru angkatan pertama pada Tahun Ajaran 2013/2014 ini dan menarik peminat sangat tinggi mencapai 1836 pendaftar dari tiga jalur yang diselenggarakan oleh UPI : SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dari jumlah pendaftar yang cukup tinggi tersebut hanya 82 mahasiswa yang diterima, atau 4,47 % mahasiswa yang dapat lolos ke Prodi IEKI dari total peminat pada Tahun Ajaran 2013/2014.

Dalam rangkaian kegiatan MOKA-KU UPI 2013 yang bertajuk “Pendidikan Merangkai Indonesia”, para pimpinan Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI, Ketua Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam, beserta para dosen dan mahasiswa melakukan penanaman pohon Golodogan sebanyak 30 pohon yang ditanam di sekitar gedung Prof. Garnadi Prawirosudirdjo (FPEB-UPI), Jumat (30/8/2013).

prodi ieki 1Penanaman pohon tersebut secara simbolis dilakukan  oleh Dekan FPEB, Dr. H. Edi Suryadi., M.Si dan Ketua Prodi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam, Dr. A . Jajang W. Mahri, M.Si beserta dua perwakilan mahasiswa baru Prodi IEKI. Setelah itu, seluruh mahasiswa Prodi IEKI bergerak menuju area Gedung Isola untuk melakukan sesi photo bersama untuk pertama kalinya dengan formasi tulisan singkatan prodi, yaitu IEKI.

Penanaman pohon Golodogan di sekitar Gedung FPEB-UPI ini sebagai salah satu wujud kepedualian mahasiswa Prodi IEKI-FPEB UPI terhadap lingkungan alam yang saat ini banyak mengalami kerusakan akibat keserakahan manusia dalam menggunakan sumber daya alam namun tidak bertanggung jawab untuk melestarikannya kembali. Kegiatan penanaman pohon dan pemeliharaannya secara berkesinambungan tentu sejalan dengan Maqasid As-Shariah yang menjadi konsep awal dari Ekonomi Islam yang sejatinya merupakan fitrah dari ilmu ekonomi.

Dengan demikian, maka kegiatan ini diharapkan sebagai langkah awal dari perjuangan Prodi IEKI dalam mengembangkan keilmuan Ekonomi dan Keuangan Islam dan mampu berkontribusi terhadap kehidupan perekonomian dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya dengan mencetak sumber daya insani yang unggul dan berkualitas. (Deny)

~ dilihat : 412 kali ~