Mahasiswa PPL UPI Disambut Baik Pihak SMAN 24 Bandung

Sambutan Kepala Sekolah

Bandung, UPI

Memasuki semester genap, Mahasiswa UPI angkatan 2012 sibuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa pendidikan. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa sebagai calon guru mempunyai bekal ketika kelak mengajar di sekolah. PPL juga dlaksanakan dalam rangka mengimplementasikan materi yang telah didapatkan selama perkuliahan.

Setiap mahasiswa kemudian ditempatkan di sekolah mitra sesuai pilihan dan kebijakan universitas. Salah satu sekolah yang telah menjadi mitra Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri 24 Bandung. SMAN 24 Bandung merupakan salah satu sekolah di Jawa Barat yang telah menerapkan kurikulum 2013. Dalam penerapannya sekolah ini didukung dengan berbagai fasilitas yang menunjang seperti Hotspot, Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, dan IPS. Selain itu, ditunjang pula oleh para guru yang ahli dibidangnya masing-masing yang telah melahirkan lulusan yang berkualitas. Sebagai salah satu SMA favorit di Jawa Barat, SMAN 24 Bandung selalu menjadi sorotan dan idaman para siswa untuk mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Tahun ini, 12 mahasiswa UPI yang melaksanakan PPL di SMAN 24 Bandung, yaitu Kamil Mubarok (1200017), Tri Hastuti (1205106), Siti Farihah Uswatun Hasanah (1205822) dari Departemen Pendidikan Bahasa Indonesia. Isa Muhammad Ibrahim (1201748), Wulansary Kartika Hayati Wahyono Putri (1202469), Elfitri Disca Sari (1206042) dari Departemen Pendidikan Matematika. Dimas Rachmat Susilo (1205046), Afif Nurfiqriyana (1202575), Nurhabibah (1202824) dari Departemen Pendidikan Sejarah, dan Tedi Sutardi (1202265), Azizah Zahra Ulfah (1204366), Astie Risdi Pratiwi (1204340) dari Departemen Pendidikan Bahasa Jepang.

Mahasiswa PPL UPI

Penerimaan Mahasiswa PPL UPI dilaksanakan pada Selasa, 2 Februari 2016 di SMAN 24 Bandung disambut langsung oleh Kepala SMAN 24 Bandung, Drs. H. Suparman. Pihaknya menyambut baik kedatangan para mahasiswa PPL UPI.

Drs. H. Suparman, mengatakan bahwa pihak sekolah merasa senang dengan kedatangan mahasiswa PPL dari UPI. “Kami menyambut baik kedatangan para mahasiswa yang melakukan PPL di SMAN 24 Bandung. Semoga para mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan di sini. Semoga para mahasiswa PPL UPI dapat menerapkan metode mengajar yang mengasyikan agar meningkatkan semangat belajar para siswa”, lanjut beliau.

Sementara itu, Dra. Nunny Sulistiany Idris, Dosen Pembimbing mahasiswa PPL UPI untuk SMAN 24 Bandung mengatakan bahwa kami atas nama civitas akademika UPI sangat senang bisa bekerja sama dengan SMAN 24 Bandung. Mahasiswa kami diberi kesempatan untuk mendidik siswa SMAN 24 Bandung.

“Kami telah membekali para mahasiswa dengan ilmu-ilmu sesuai bidangnya masing-masing dan memberikan pelatihan mengajar kepada setiap para mahasiswa. Semoga ini menjadi pengalaman bagi para mahasiswa kami yang kelak menjadi guru untuk menimba ilmu di sekolah ini” kata Dra. Nunny Sulistiany Idris.

Setelah penyambutan, para mahasiswa PPL UPI kemudian dikenalkan dengan guru pamong dan diberi pengarahan tentang proses mengajar di SMAN 24 Bandung. Para mahasiswa diajak melihat proses mengajar guru dan belajar siswa di kelas. Selain itu, dijelaskan pula tentang peta sekolah SMAN 24 Bandung. Di sekolah yang tidak terlalu luas ini, berbagai fasilitas tersedia dan dapat digunakan dengan baik. Hampir di setiap ruangan di sekolah ini terdapat piala kejuaraan yang diperoleh para siswa SMAN 24 Bandung.

Sambutan SMAN 24 Bdg

Melaksanakan PPL di sekolah favorit bukanlah perkara mudah, kerja keras dan keseriusan sangat penting agar dapat membawa nama baik universitas. Namun tak lupa juga keikhlasan dan rasa senang menjadi modal penting dalam menjalani semuanya. Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan rasa senang akan berpengaruh pada hasil yang baik pula. Menjadi guru merupakan tugas mulia, maka dari itu jadilah guru yang mendidik dan mempersiapkan para siswa menjadi calon pemimpin masa depan. Lakukan semuanya dengan kerja keras, serius, ikhlas, dan bahagia. (Kamil Mubarok)

~ dilihat : 94 kali ~