Mahasiswa Pertukaran UPI – Shizuoka, Berkunjung ke SLB di Jepang

UPIShizuoka, UPI

Pada tanggal 11 December 2013 yang lalu mahasiswa pertukaran UPI-Universitas Shizuoka berkesempatan mengunjungi salah satu Sekolah Luar Biasa di Kota Shizuoka, Jepang. SLB yang dikunjungi adalah Sekolah Luar Biasa Laboratorium Universitas Shizuoka. SLB tersebut berfokus pada pemberian pendidikan dan keterampilan kepada anak dengan hambatan intelektual atau tunagrahita. Didampingi dua orang professor dari Universitas Shizuoka, Prof. Keiko IKEDA dan Prof. Lucia E. YAMAMOTO, serta seorang guru pembimbing dari SLB milik Universitas Shizuoka ini, Nozomu SAITO, dalam kurun waktu 1 jam para mahasiwa pertukaran mendapatkan pengalaman observasi di SLB Laboratorium tersebut.

Selama 1 jam tersebut pula banyak sekali yang dapat dipelajari oleh mahasiswa UPI, terutama salah satu dari mahasiswa pertukaran tersebut berasal dari jurusan Pendidikan Khusus, sehingga kunjungan kali ini dapat menambah wawasan mengenai praktik pendidikan khusus di negara maju. Karena waktu yang terbatas maka mereka hanya mengobservasi siswa-siswa SLB pada tingkat SMA saja. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari SAITO-sensei dalam satu angkatan di tingkat SMALB hanya terdapat 9 orang siswa saja, sehingga apabila terdapat 3 kelas maka jumlah keseluruhan siswa hanya berkisar 30 orang.

Jenis pendidikan yang diberikan kepada siswa SMALB dipusatkan kepada tiga kemampuan vokasional (perkebunan dan pertanian, keramik/tembikar, dan menjahit) ditambah setiap akhir semester mereka mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan praktik kerja di industri/magang selama 1 -2 minggu. Sehingga apabila mereka lulus dari SLB mereka dapat langsung diterjunkan ke dunia kerja yang sesuai dengan kompetensi dan pengalaman yang telah mereka miliki. (N. Anggraeni)